/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

SDA Muda adalah sebuah forum nonformal bagi seluruh pegawai Ditjen SDA (pns dan non pns) yang bersifat independen yang didirikan oleh apatur muda di lingkungan Ditjen SDA Kementerian PUPR yang bertujuan untuk meningkatkan jejaring serta kapasitas diri yang berlandaskan prinsip iProve dengan gerak seperti Air (Adaptif, Inovatif dan Revolutif), atau akarabnya SDA Muda adalah kaum millenialnya Ditjen SDA.

Di tengah situasi pandemic COVID19 sebagai kaum millennial harus memanfaatkan waktu dengan baik, apalagi di bulan suci Ramadhan alangkah lebih baik jika menggunakan waktu untuk belajar dan berbagi. Seperti yang dilakukan SDA Muda sore ini yang melakukan diskusi online tentang Pelaksanaan Konstruksi Bendungan pada Masa Pandemi COVID19, Jumat (08/05/2020).

Dialog SDA Muda dilaksanakan melalui aplikasi zoom bersama narasumber Dony Faturochman Saefullah ST, MT selaku Kepala SNVT Pembangunan Bendungan BBWS Bengawan Solo yang menjelaskan tentang Pelaksanaan Konstruksi Pembangunan Bendungan selama wabah COVID19, Dandy Rahardian selaku Kepala Seksi Standar dan Pedoman Direktorat Bina Penyelanggaraan Jasa Konstruksi yang berbagi tentang Pelaksanaan Jasa Konstruksi di tengah wabah COVID19 dan Nur Eko Afilani, ST selaku Project Manager Pembangunan Bendungan Bener Paket 3 PT PP Persero yang membagikan pengalaman di lapangan selama masa pandemic COVID19. Diskusi ini dipandu oleh Inneke Dwiwahyuni, ST selaku Kepala Subbidang Bendungan Wilayah Timur dan juga Host cantik Sabrina Maudy, ST.

Kurang lebih sekitar seratus orang bergabung dalam dialog ini. Turut hadir mantan Direktur Jenderal Sumber Daya Air Dr. Ir. Hari Suprayogi, M.Eng dan Kepala Pusat Bendungan Ir. Ni Made Sumiarsih, M.Eng.

Bendungan adalah infrastruktur mahal yang memiliki manfaat irigasi, air baku, reduksi banjir dan potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Kementerian PUPR telah mencanangkan pembangunan 65 bendungan pada 2015-2019 yang seluruhnya selesai pada 2023, namun ditengah pandemic COVID19 ini bagaimana proyek pembangunan bendungan yang sedang dibangun?

Dalam diskusi ini dijelaskan bahwa pelaksanaan pembangunan bendungan harus sesuai dengan Instruksi Menteri PUPR No 02/IN/M2020 Tentang Protokol Pencegahan Penyebaran COVID19 dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi dengan tetap menyesuaikan kondisi lokasi pembangunan bendungan dan memperhatikan kesehatan seluruh tenaga konstruksi dengan menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Di tengah pandemic COVID19 dalam pembangunan bendungan mungkin akan ada hal yang berubah seperti kendala transportasi dikarenakan dibeberapa wilayah masih terbatas, pembatasan kegiatan yang melibatkan banyak orang, terhambatnya bahan material dan lain-lain namun yang jelas semua tetap harus berjalan dengan selesai (bbwsbs/sita).