/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Untuk menindaklanjuti Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Alam Penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covi-19) sebagai Bencana Nasional dan Himbauan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: B/196/M.KT.02/2020 tentang Himbauan Pelaksanaan Rapid Test secara berkala bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan melaksanakan penerapan protokol kesehatan di tempat kerja, maka Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo melaksanakan rapid test di lingkungan kerja BBWS Bengawan Solo, Jawa Tengah, Selasa (15/09/2020).

Rapid test menjadi salah satu metode cepat yang digunakan untuk mendeteksi adanya infeksii virus dalam tubuh manusia. Namun, pemeriksaan tersebut hanya merupakan penapisan awal. Selanjutnya, hasilnya dapat dikonfirmasi lebih mendalam melalui pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR).

Pelaksanaan rapid test dilakukan secara berkala pada 15-21 September 2020 bagi seluruh PNS dan Pegawai Non PNS (yang sudah ber-NRP) yang diselenggarakan di empat kantor BBWS Bengawan Solo. Yakni, Kantor Pabelan dengan total 211 orang yang mengikuti tes, Kantor Palur sebanyak 94 orang, Kantor Madiun sebanyak 74 orang, dan Kantor Bojonegoro sebanyak 53 orang.

Kepala BBWS Bengawan Solo, Dr. Ir. Agus Rudyanto, M.Tech., disela pelaksanaan tes menyampaikan bahwa pelaksanaan Rapid test di lingkungan BBWS Bengawan Solo sebagai langkah antisipasi sekaligus untuk mengetahui gejala awal apakah ada pejabat maupun staf yang terindikasi mengalami infeksi virus.

“Penerapan protokol kesehatan di BBWS Bengawan Solo termasuk di area pembangungan infrastruktur yng sedang berjalan, sudah dilaksanakan sesuai anjuran pemerintah, seperti menyiapkan hand sanitizer, menjaga jarak satu sama lainnya, memakai masker, dan membatasi tamu guna mencegah dan meminimalisir persebaran Covid-19,” pesannya. (BBWSBS/Ferri