/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Embung Sigit Untuk Mengatasi Kekeringan

Kondisi luar biasa wabah Covid-19 tidak mengurangi semangat kerja Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo. Dengan selalu mengutamakan protokol kesehatan, BBWS Bengawan Solo melalui SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air (PJPA) melakukan penandatangan kontrak paket pekerjaan di Lingkungan PPK Penyediaan Air Baku, Senin (31/03/2020).

Paket Pekerjaan Pembangunan Embung Sigit di Kabupaten Sragen oleh CV Pilar Jaya Persada senilai Rp 5,3 M yang ditandatangani oleh PPK Penyediaan Air Baku Wahyana, ST, MT.

Penandatanganan kontrak disaksikan oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Ir. Charisal A Manu, M.Si dan Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air Ir. Isgiyanto, MT, Kepala Satker PJPA Tesar Hidayat Musouwir, ST, MBA, M.Sc, dan Kepala Seksi Pengendalian Pelaksanaan Air Baku & Air Tanah M. Arwan Fattchul Aziz, ST, M.Eng.

Ir. Charisal A Manu, M.Si selaku Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo menjelaskan dengan ditandatanganinya kontrak ada kesepakatan untuk melaksanakan kewajiban sesuai dengan dokumen kontrak, serta harus bisa memahami situasi dan kondisi lapangan terlebih dalam situasi bencana Covid-19 seperti ini.

Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air Ir. Isgiyanto, MT juga menjelaskan tentang Instruksi Menteri PUPR 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Kontruksi yang berisi tentang Pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Covid-19, Identifikasi Potensi Bahaya Covid-19 di lapangan, Penyediaan fasilitas kesehatan di lapangan dan Pelaksanaan Pencegahan Covid-19 di lapangan.

Dengan pembangunan Embung Sigit di Kecamatan Tangen diharapkan dapat membantu mengatasi kekeringan air di Kabupaten Sragen (bbwbs/sita).

Physical Distance dengan Video Conference

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sri Wahyu Kusumastuti, ST, M.Si, Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Heriantono Waluyadi, ST., MT, Kepala Bidang Program dan Perencanaan Umum Dwi Agus Kuncoro ST,MM,MT, Kepala Seksi Perencanaan OP Ambar Puspitosari, ST, MDM dan PPK Pengelolaan Sumber Daya Air Reski Handarwati Nur Rohmah, ST, MPSDA menyelenggarakan Video Conference bersama Dinas PU Binamarga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah, Senin (30/03/2020).

Dalam Video Conference ini membahas tentang pembangunan Jembatan Dengkeng di Desa Dengkeng, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan pembangunan Jembatan Ganefo di Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Dalam membangun jembatan yang melewati sungai perlu diperhatikan kondisi hidrologi, kondisi keairan, waktu pelaksanaan pembangunan dan lain-lain.
Video Conference ini disusun rekomendasi teknis antara BBWS Bengawan Solo dan Dinas PU Binamarga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah (bbwsbs/sita).

Teleconference Arahan Menteri PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengadakan teleconference kepada semua Balai di Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Selasa (24/03/2020).

Dalam arahanya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan Kondisi sekarang ini yaitu mewabahnya Covid-19, saya minta untuk semua kepala Balai saat ini mengutamakan kesehatan, para Kepala Balai bertanggungjawab penuh terhadap kesehatan pegawai dan keluarganya.
“Semua DIPA kita direfocusing dan perlu direalokasi anggaranya,refocus untuk membantu masyarakat untuk menghadapi dan menangani Covid-19, kalau Balai meliputi Kepala Balai, pegawai berserta keluarganya, anggaranya diambil dari DIPA, maksudnya anggaran yang bisa ditunda tahun depan baik fisik maupun software ditunda dulu,” Jelasnya.

Kantor-kantor dilingkungan Kementerian PUPR harus dilakukan penyemprotan disinfektan. Disiplin jaga jarak aman antar individu sesuai kebutuhan, harus pakai masker, sediakan Hand Sanitizer, sering-sering cuci tangan, kita semua tidak tahu siapa yang membawa virus dan siapa yang tertular virus. “Utamakan kesehatan dulu, utamakan kesehatan dulu,” Tekan Basuki.

“Jam masuk Kantor diatur betul biar tidak terjadi kerumunan, agar semua pegawai PUPR sehat semua,” Tutupnya(BBWSBS/charis).

Teleconference Persiapan P3-TGAI 2020

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Ir. Charisal A, Manu M.Si bersama Kepala Bidang OP Sri Wahyu Kusumastuti, ST, M.Si, Kepala Satker OP Surendro Andi Wibowo, ST, MPSDA, dan Kepala Seksi Pelaksanaan OP Santosa, S.ST, MT mengikuti rapat bersama BBWS Brantas, BBWS Serayu Opak, BBWS Cimanuk, BBWS Citanduy, BBWS Cimanuk, BBWS Citarum, BBWS Ciujung, BBWS Mesuji Sekampung, BBWS Sumatera VIII dan BWS Sumatera V dengan menggunakan Video Teleconference dari kantor masing-masing dalam rangka mematuhi aturan Pemerintah tentang Social Distancing untuk mengurangi penyebaran wabah Virus Covid-19, Rabu (18/03/2020).

Video Teleconference dipimpin oleh Subdit Operasi dan Pemeliharaan Air Tanah Air Baku Yudhi Wahyu Agustia, ST, MT yang membahas tentang Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang harus dimulai awal April 2020 (bbwsbs/sita).

Penandatanganan Kontrak Paket Pekerjaan Supervisi Penanganan Banjir Kali Jeroan (Lanjutan)

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo melakukan penandatanganan kontrak Paket Pekerjaan Paket Supevisi Penanganan Banjir Kali Jeroan (Lanjutan), Rabu (18/03/2020).

Paket Supervisi Penanganan Banjir Kali Jeroan oleh PT Wahana Krida Konsolindo – PT Tunggul Majapahit Sejahtera KSO dengan nilai kontrak Rp 4,9 M yang ditandatangani oleh PPK Sungai dan Pantai I Arlendenovega Satria Negara, ST, M.Eng.

Penandatanganan kontrak disaksikan olek Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Ir. Charisal A Manu, M.Si, Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) Heriantono Waluyadi, ST., MT dan Kepala SNVT PJSA Bengawan Solo Andri Rachmanto Wibowo, ST., M.Sc.

Dalam arahannya Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Ir. Charisal A, Manu M.Si berpesan agar dalam situasi penanganan virus Covid-19 segala pekerjaan harus lebih memperhatikan kesehatan dan keselamatan para pekerjanya juga tetap adaptif menyesuaikan situasi (bbwsbs/sita).

Rehabilitasi Bendungan Pacal

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo melakukan Penandatanganan Kontrak Paket Supervisi Rehabilitasi Bendungan Pacal yang ditanda tangani oleh PPK OP IV Antonius Suryono, A.Md.T, SH, MMT, Selasa (17/03/2020).

Paket Supervisi Rehabilitasi Bendungan Pacal oleh PT Global Parasindo Jaya JV dan PT Gobetek Glory Konsultan dengan nilai kontrak senilai Rp 4,19 M.

Penandatanganan kontrak disaksikan oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Ir. Charisal Akdian Manu, M.Si, Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sri Wahyu Kusumastuti, ST, M.Si dan Kepala Satker Operasi dan Pemeliharaan SDA Bengawan Solo Surendro Andi Wibowo, ST, MPSDA.

Dalam arahannya Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Ir. Charisal A Manu, M.Si mengingatkan bahwa dalam pekerjaan proyek ini masalah geologi menjadi hal yang diperhartikan dan berharap agar pekerjaan ini berjalan dengan tepat waktu, tepat mutu sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya (bbwsbs/sita)

Safari Gemarikan Klaten

Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klaten menyelenggarakan Safari Gemar Makan Ikan (Gemarikan) di Bukit Sidoguro, Rowo Jombor, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (14/03/2020).

Acara ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan. Bersama Bupati Klaten Sri Mulyani, Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BBWS Bengawan Solo Sri Wahyu Kusumastuti ST, M.Si dan Komunitas Peduli Sungai Klaten berkesempatan untuk mengikuti Safari Gemarikan.

Dengan membudayakan konsumsi ikan sejak dini, masalah kekurangan gizi pada balita dan anak-anak di Kabupaten Klaten tidak akan terjadi lagi. Akan lebih baik lagi jika rutin menambahnya dengan asupan gizi yang lain.

Safari Gemarikan akan berjalan dengan baik melalui support infrastruktur sumber daya air yang baik seperti Bendungan, Sungai, Embung yang dapat digunakan untuk melakukan budidaya ikan air tawar (bbwsbs/sita).

Air dan Kain Perca

Dirumah pasti kita punya kain yang sudah tidak dipakai atau yang biasanya disebut sebagai kain perca, ternyata kain perca dapat dimanfaatkan untuk membuat barang yang berguna berupa kerajinan taplak meja, seperti yang dilakukan Paguyuban Ibu-ibu Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo yang menyelenggarakan Lomba Kreasi Kain Perca, Jumat (13/03/2020).

Nelly Diana Manu selaku Ketuga Paguyuban Ibu-Ibu Balai Besar Wilayah Solo menyampaikan bahwa memanfaatkan kain perca dapat mengurangi polusi akibat sampah non organic juga dapat mengasah perasaan dengan menjahit.

Lomba dilakukan secara individu dengan membuat kerajinan perca pada kain yang memiliki panjang 20×60 cm selama 2 jam. Peserta lomba membuat kerajinan kain perca dengan tema bebas dengan hasil cantic dan dapat dimanfaatkan untuk taplak di ruang tamu rumah.

Di akhir acara terdapat sesi diskusi tentang manfaat air hujan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan Umum dan Program Dwi Agus Kuncoro, ST, MT, MM (bbwsbs/sita).

Tanda Tangan Kontrak Paket Pekerjaan di Lingkungan SNVT PJSA

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo melakukan penandatanganan kontrak paket pekerjaan di lingkungan SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air, Kamis (12/03/2020).

Paket Penanganan Banjir Kali Jeroan (lanjutan) oleh PT Bangun Utama dan PT Selo Manunggal Sejati KSO dengan nilai kontrak senilai Rp 70,68 M ditandatangani oleh PPK Sungai dan Pantai I Arlendenovega Satria Negara, ST, M.Eng. Paket Peningkatan Kapasitas Sudetan Floodway (Plangwoot – Sedayu Lawas) (lanjutan) oleh PT Bangkit Berkah Perkasa dengan nilai kontrak senilai Rp 33,69 M dan Paket Pengendalian Banjir Kali Lamong oleh PT Titis dengan nilai kontrak Rp 10,60 M ditandatangani oleh PPK Sungai dan Pantai II Yudhi Triana Dewi, ST, M.Eng.

Penandatanganan kontrak disaksikan olek Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Ir. Charisal A Manu, M.Si, Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) Bengawan Solo Heriantono Waluyadi, ST., MT, Kepala SNVT PJSA Bengawan Solo Andri Rachmanto Wibowo, ST., M.Sc dan PPK Sungai dan Pantai I, Agus Eddy Widiyarto, ST.

Dalam Arahannya Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Ir. Charisal. A Manu, M.Si menyampaikan bahwa setelah tanda tangan kontrak berarti tanjung jawab yang harus diimplementasikan dimulai, sehingga diharapkan dapat berproses dengan baik (bbwsbs/sita).

Menjejak Solo Valley Werken

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo melalui Kepala Bidang Perencanaan Umum dan Program Dwi Agus Kuncoro ST,MM,MT bersama Kepala Divisi Jasa Umum Perum Jasa Tirta I Setyantono meninjau patok-patok batas dari lahan Solo Valley Werken, Selasa (10/03/2020).

Peninjauan dilakukan di Dusun Mendeg, Desa Luwihaji, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro. Tujuannya untuk mengetahui batasan lahan yang masuk dalam kawasan Solo Valley Werken tersebut.

Solo Valley Werken sendiri merupakan Program Pembangunan Pengendalian Banjir dan Pembuatan Jaringan Irigasi semenjak jaman Pemerintah Hindia Belanda yang membentang dari Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik dan Surabaya. Dengan rencana desain baru Solo Valley Werken di masa mendatang bermanfaat sebagai longstorage untuk pengendali banjir yang secara berulang terjadi, tampungan air untuk irigasi dan air baku, mengatasi kekeringan di Kabupaten Bojonegoro, Lamongan dan Gresik.

Solo Valley Werken juga dapat diintegrasikan sebagai sarana transportasi darat dengan dibangunnya jalan tol yang akan meminimalisir tumbuhnya hunian liar di sepanjang saluran dan dibangunnya rest area untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan meningkatkan perekonomian masyarakat, Pada kanal solo Valley Werken dapat digunakan untuk transportasi air, wisata air dan koneksi ke empat Waduk yaitu Waduk Pacal, Gongseng, Godang dan Prijetan serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan karena menghubungkan Wilayah Pengembangan Strategis Gerbang Kertasusila dengan kawasan perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti kawasan migas blok Cepu dan Bandara Ngloram (BBWSBS/charis).