Kepala BBWS Ciliwung Cisadane Bambang Hidayah bersama Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Eko Margiono, Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, Kepala Kejari Kota Tangerang Selatan Bima Suprayoga dan Kapolres Tangerang Selatan AKBP Ferdy Irawan meninjau lokasi pemeliharaan Situ Parigi di Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Selasa, (19/11).

Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Eko Margiono menyampaikan bahwa tahun ini ada 11 lokasi pekerjaan pemeliharaan sungai dan situ, ada 9 lokasi yang sudah selesai dan 2 lokasi yang belum yaitu di Situ Parigi dan Sungai Cikeas. Jadi apa yang sudah kita evaluasi saat ini kerjasama yang baik.

“Kita tidak bisa sendiri sendiri dalam menangani persoalan sungai dan situ di Jabodetabek, kami juga mengajak kepada Pemda untuk mulai mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah pada aliran sungai atau situ”, tuturnya.

Kepala BBWS Ciliwung Cisadane mengungkapkan sungai dan situ berfungsi sebagai pengendali banjir, konservasi, sumber air baku dan untuk tempat rekreasi. Pemeliharaan dengan pengerukan situ yang telah dilakukan bekerjasama dengan Kodam Jaya yaitu Situ Leungsir Kabupaten Bekasi, Rawa Lumbu Kota Bekasi, Situ Sidomukti Kota Depok, Situ Pasir Gadung Kabupaten Tangerang dan Situ Parigi Kota Tangerang Selatan, sedangkan sungainya yaitu Sungai Bekasi, Cilengsi, Ciliwung, Blencong, Pesanggrahan dan Mokervart.

“BBWS Ciliwung Cisadane bekerjasama dengan Kodam Jaya untuk mengeruk Situ Parigi, ini kegiatan pengerukan jelang musim hujan. Setiap saat terjadi sedimen dari alam begitu erosi dari hulu dibawa ke hilir sehingga terjadi sedimen,” ujarnya

Pemeliharaan sungai dan situ merupakan upaya konservasi sumber daya air, menambah kapasitas tampungan, pencegahan sedimen, menjadikan situ sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat, sebagai upaya pencegahan banjir dan kekeringan.

Pemeliharaan sungai dan situ meliputi pekerjaan galian sedimen, penggalian menggunakan alat excavator yang hasil galiannya dimuat ke dump truck serta pembuatan dan pemasangan papan larangan. Jangka waktu pelaksanaannya dimulai bulan September sampai Desember 2019. (Humas-Ag)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here