Bendung Pasar Baru dibangun pada tahun 1927 pada masa Kolonial Belanda dan difungsikan pada tahun 1930, yang berlokasi di Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane melakukan kegiatan rehabilitasi Bendung Pasar Baru yang dilaksanakan secara MYC (Multi Years Contract) dari Tahun Anggaran 2017 sampai 2019. Adapun kegiatan tersebut mencakup diantaranya pekerjaan penggantian 10 buah pintu (pintu atas dan bawah), penambahan stoplog belakang, mekanikal dan elektrikal, penggantian motor angkat pintu dan gudang stoplog.

Manfaat Bendung Pasar Baru pada awal pembangunan untuk mengairi areal irigasi Cisadane seluas 40.663 Ha. Saat ini fungsi Bendung Pasar Baru sangat vital disamping untuk mengairi areal irigasi seluas 22.411 Ha (Permen PU 14/ 2015), bendung pasar baru juga berfungsi sebagai bangunan pengendali banjir dan juga sebagai bangunan untuk sumber air baku terutama untuk kawasan Tangerang.

Tipe Bendung merupakan bendung gerak dengan 10 (sepuluh) pintu air, masing-masing lebar setiap pintu 10 meter. Terdapat dua bangunan intake pengambilan yaitu yang pertama intake pengambilan kiri untuk Saluran Induk Cisadane Barat Laut dan Saluran Induk Cisadane Barat dan yang kedua intake pengambilan kanan untuk Saluran Induk Cisadane Utara dan Saluran Induk Cisadane Timur. Pengelolaan Operasi dan Pemeliharaan dilakukan oleh Balai PSDA Cisadane Cidurian Provinsi Banten. (HUMAS BBWSCC)

link video klik disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here