BBWS Ciliwung Cisadane melakukan serah terima hasil pekerjaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air (P3TGAI) Tahap I Tahun 2020 yang di hadiri oleh Mochammad Ibrahim, ST, MT PPK O&P II BBWS Ciliwung Cisadane, Endang Rohaedi Kepala Desa Pabangbon, Hj. Saonah Kepala Desa Karacak, Agus Soleh Lukman Kepala Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Tim Pelaksana Balai (TPB), Perwakilan Petani Pemakai Air (P3A), Konsultan Manajemen Balai dan Tim Pendamping Masyarakat (TPM) bertempat di Pasir Pogor, Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Bogor, Selasa, (16/6).

Mochammad Ibrahim, ST, MT PPK O&P II BBWS Ciliwung Cisadane dalam sambutannya menyampaikan kegiatan P3TGAI ini merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat petani untuk meningkatkan kinerja pengelolaan jaringan irigasi. Ditengah Pandemi Covid 19 ini pengelolaan jaringan irigasi dengan melibatkan peran serta masyarakat petani sebagai pelaksana kegiatan dengan tetap menjaga protokol kesehatan Covid 19.

“Kegiatan P3TGAI yang sudah dilaksanakan pada tahap I berada di 20 lokasi Daerah Irigasi, pada hari ini dapat kami serahkan kepada Kepala Desa, agar selanjutnya dapat dilakukan pengelolaan secara mandiri”, tuturnya.

Pada tahun 2020 BBWS Ciliwung Cisadane mendapat alokasi 98 Daerah Irigasi yang berlokasi di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang yang pelaksanaannya terbagi menjadi 3 tahap yaitu tahap pertama di 20 lokasi Daerah Irigasi di Kabupaten Bogor, Kedua 41 lokasi di Kabupaten Bogor, dan ketiga di 37 lokasi di Kabupaten Tangerang.

Eka Komara Ketua P3A Cinangsi Maju, Desa Cikuda, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor mengatakan dengan adanya program irigasi untuk persawahan membuat petani di wilayah kami sangat terbantu, terutama pada masa pandemi Covid 19 kami ikut serta membangun saluran irigasi sepanjang 300 meter.

“Kami mengucapkan terimakasih dengan terlaksananya P3TGAI dari yang biasanya 2 kali panen dalam setahun menjadi 3 kali panen dan itu membantu memperkuat ketahanan pangan desa kami”, ungkapnya saat hadir dalam acara serah terima.

Hasil pekerjaan P3TGAI secara simbolik diserahkan oleh Mochammad Ibrahim, ST, MT PPK O&P II kepada Endang Rohaedi Kepala Desa Pabangbon, Hj. Saonah Kepala Desa Karacak dan Agus Soleh Lukman Kepala Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Sedangkan Perwakilan Petani Pemakai Air (P3A) diterima H. Ado P3A Sugih Mukti dan Badruzaman P3A Mulya Rahayu. (humas/Ag)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here