Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane melaksanakan Sosialisasi dan Penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Periode I Tahun Anggaran 2019, yang dihadiri oleh Kepala BBWSCC Bambang Hidayah, Kabid O&P Wijayanto, Kasatker O&P Muhammad Rian Wahyu, PPK O&P 2 Putu Joni Wiryadi, PPK O&P 3 Mochammad Ibrahim, Kasi Perencanaan O&P Hery Setiawan, Ari Muladi dan Sumarto mewakili Kepala Balai PSDA Cidurian Cisdane, Perwakilan Kepala Desa Kab. Tangerang dan Kab. Bogor, Tenaga Pendamping Masyarakat dan Ketua P3A Kab. Bogor dan Kab. Tangerang, bertempat di Five Hotel PGC, Jakarta, (22/04/2019).

Pelaksanaan kegiatan P3-TGAI merupakan program Padat Karya Tunai yang dilaksanakan untuk mendukung Kedaulatan Pangan Nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana termuat dalam program Nawa Cita ke-tujuh melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah pedesaan. Program P3-TGAI dilaksanakan pada daerah irigasi kecil dengan luas kurang dari 150 ha dan pada jaringan irigasi tersier di seluruh kewenangan.

Kepala BBWS Ciliwung Cisadane Bambang Hidayah menyampaikan Pada tahun anggaran 2019, BBWS Ciliwung Cisadane telah melaksanakan kegiatan P3-TGAI pada 100 lokasi yang tersebar di 2 (dua) Kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Terlaksananya pemberdayaan dan partisipasi masyarakat petani dalam kegiatan ini mampu meningkatkan kondisi jaringan irigasi tersier pada daerah irigasi yang menjadi tanggungjawab BBWS Ciliwung Cisadane.

Penyelenggaraan kegiatan P3-TGAI merupakan salah satu mata rantai penting dalam pengelolaan sumber daya air, mengingat pelaksanaan kegiatan serta manfaat yang diperoleh langsung bersentuhan dengan masyarakat selaku penerima manfaat prasarana tersebut.

Ketua Panitia Muhammad Rian Wahyu mengatakan dalam sambutannya Kegiatan P3-TGAI Periode 1 (satu) dilaksanakan pada bulan April 2019 sampai bulan Juli 2019 dengan 50 lokasi Daerah Irigasi, dengan rincian 30 lokasi yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang dan 20 lokasi yang berada di wilayah Kabupaten Bogor.

Perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif tersebut merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat petani secara terencana dan sistematis untuk meningkatkan kinerja pengelolaan jaringan irigasi. Proses pemberdayaan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan konstruksi, pengawasan, dan pengelolaan jaringan irigasi dengan melibatkan peran serta masyarakat sebagai pelaksana kegiatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here