Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan sosialisasi dalam rangka rencana pembangunan sudetan Kali Ciliwung yang akan menghubungkan ke Kanal Banjir Timur (KBT), Sosialisasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane kepada warga RW 14, Kelurahan Bidaracina, Kecamatan Kampung Melayu, Jakarta Timur yang sebelumnya pada hari Jumat, 24 Juli sudah dilakukan sosialisasi untuk warga RW 04, bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Jakarta Timur, Sabtu,(25/07).

Dalam sambutannya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan bahwa Pembangunan sudetan Kali Ciliwung yang menghubungkan ke Kanal Banjir Timur sebagai upaya kegiatan dalam rangka pengendalian dampak banjir di daerah rawan genangan di Jakarta Timur, khususnya di daerah Kebon Manggis, Kampung Melayu, Bidaracina serta beberapa daerah di Jakarta Selatan seperti Manggarai, Bukit Duri, Kebon Baru dan daerah yang terlintas Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung.

Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk menjelaskan tahapan-tahapan pelaksanaan kegiatan pembangunan sodetan kali ciliwung yang rencananya akan menghubungka ke kanal banjir timur, adapun tahapan pelaksanaan pekerjaan tersebut meliputi :

  1. Menjelasakan maksud dan tujuan rencana pembangunan,
  2. Mengatur letak dan luas lahan yang diperlukan,
  3. Menjelaskan tahapan rencana pengadaan tanah,
  4. Perkiraan jangka waktu pelaksanaan pengadaan tanah, serta perkiraan jangka waktu proses pembangunan serta informasi lainnya yang dianggap perlu.

Melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat memahami maksud dan tujuan pekerjaan pembangunan sudetan Kali Ciliwung, kegiatan sosialisasi ini  diikuti dan dihadiri oleh perwakilan warga dan tokoh masyarakat yang terdampak pembangunan sudetan mendapat informasi yang jelas dan akurat mengenai aturan yang terkait dengan pembangunan sudetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur yang pekerjaannya dilaksanakan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala BBWS Ciliwung Cisadane Ir. R.R Bambang Heri Mulyono, M.Si menyampaikan bahwa Kali Ciliwung mempunyai andil yang cukup besar sebagai penyebab banjir di DKI Jakarta, untuk itu dalam rangka pengendalian banjir di DKI Jakarta, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane melaksanakan pekerjaan normalisasi Kali Ciliwung sepanjang 19,90 km mulai dari Pintu Air Manggarai sampai dengan Jembatan Tol TB. Simatupang dengan rencana tanggul yang akan dibangun sepanjang 33,68 km dan tanggul yang sudah dikerjakan sepanjang 16,19 km dengan mengembalikan lebar sungai seperti semula di beberapa bagian sedangkan yang belum dikerjakan sepanjang 17,50 km, selain normalisasi Kali Ciliwung BBWS-CC saat ini sedang melaksanakan pembangunan bendungan di hulu Kali Ciliwung di wilayah Bogor yaitu Bendungan Ciawi dan Sukamahi, Dua Bendungan tersebut adalah dry dam,  berfungsi untuk mereduksi banjir di Pintu Air Katulampa Kabupaten Bogor sebesar 24% dan di Pintu Air Manggarai di DKI Jakarta sebesar 11, 9%.

“Pembangunan Sudetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur ini bertujuan untuk mengurangi debit air di Kali Ciliwung sebesar 60m³/dtk dengan membuat terowongan / tunnel sepanjang 1,27 km yang pengalihan sebagian debit banjir kali Ciliwung tersebut dilakukan dengan memperhitungkan kapasitas sistem Kali Cipinang sehingga tidak memindahkan masalah banjir ke tempat lain”, ungkapnya.

Progres pelaksanaan pembangunan Sudetan Kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur saat ini sudah 54%  yang dikerjakan mulai dari arriving shaft sampai Kanal Banjir Timur sepanjang 600 meter pada tahun 2013 sedangkan yang belum dikerjakan dari inlet Kali Ciliwung ke arriving shaft sepanjang 670 meter.

Turut hadir dalam acara sosialisasi, Sekertaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah, Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur Uus Kuswanto, BPN Pemprov DKI Jakarta, Camat , Lurah serta warga RW 14 Kelurahan Bidaracina. (Humas BBWSCC/Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here