Friday, 7 August 2020
Friday, 7 August 2020
Pengumuman :
Home » BERITA BBWS-PJ » Segera Rampung, Komisi V DPR RI Tinjau Pelaksanaan Proyek Pengaman Abrasi Pantai Takalar.

Segera Rampung, Komisi V DPR RI Tinjau Pelaksanaan Proyek Pengaman Abrasi Pantai Takalar.

Setiap tahun daratan dipesisir pantai sepanjang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar terkikis akibat abrasi pantai. Salah satu titik abrasi yang cukup parah setiap musim hujan, yakni di sepanjang pesisir pantai Desa Sampulungan dan Desa Aeng Batu-Batu. Pada awal tahun 2020, belasan rumah rusak serta pemakaman yang terbongkar akibat abrasi dan hantaman ombak. Ini menjadi perhatian serius pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

BBWS Pompengan Jeneberang tengah melaksanakan pekerjaan Pengaman Abrasi Pantai Kabupaten Takalar yang meliputi pekerjaan 𝘴𝘦𝘒𝘸𝘒𝘭𝘭 dan 𝘨𝘳𝘰π˜ͺ𝘯. Tujuannya untuk melindungi prasarana umum seperti areal permukiman, sekolah, tempat ibadah dan Perkebunan dari kerusakan yang disebabkan oleh abrasi pantai dan gelombang besar.

Dengan panjang konstruksi tanggul 400 meter, dan bangunan pemecah ombak (Groin) sepanjang 100 meter, ditargetkan selesai November 2020. Progres fisik telah mencapai 39%.

Anggota DPR- RI, Hamka B Kady meninjau pelaksanaan Proyek Pembangunan Abrasi Pantai di Desa Sampulungan, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sabtu (4/7/2020).

“Kedatangan saya hari ini, saya ingin melihat langsung pekerjaan di lapangan tertangani dengan baik. Saya ingin cepat selesai pelaksanaan konstruksinya sesuai dengan rencana”. Ucap Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady.

“Saya pastikan menuntaskan proyek ini, selama saya masih duduk di DPR. Garis pantai di seluruh Indonesia kan sangat panjang, sehingga anggaran ini dibagi rata agar pembangunan merata. Karena daerah pemilihan saya di Takalar maka akan saya perjuangkan pembangunan ini untuk kemaslahatan masyarakat Takalar,” pangkas Hamka.

Anggota Komisi V DPR RI yang menangani Infrastruktur itu juga meminta kontraktor melibatkan tenaga kerja lokal agar masyarakat sekitar mandapatkan pekerjaan dan pendapatan. Ini demi terciptanya pembangunan dan perbaikan ekonomi yang merata. (SISDA)