136 Desa di Jawa Tengah dan 10 Desa di DIY Peroleh P3TGAI BBWS SO Tahap III TA 2020

Prosesi penandatanganan kontrak TPM P3TGAI BBWS SO tahap III TA 2020

Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di lingkungan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak Tahun Anggaran (TA) 2020 telah berjalan pada tahap III. Sejumlah 136 desa di Provinsi Jawa Tengah dan 10 desa di Provinsi D.I. Yogyakarta mendapatkan program ini.

Ditemui saat penandatanganan kontrak Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) dan Bimbingan Teknis Kegiatan P3TGAI Tahap III BBWS Serayu Opak pada Selasa (1/9), Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) BBWS Serayu Opak Pramono berharap para TPM mampu memberikan pengawasan dan pendampingan secara maksimal kepada masyarakat dalam pelaksanaan P3TGAI.

“TPM harus lebih cermat dan mengusai medan, karena TPM adalah garda depan yang menjadi perpanjangan balai di lapangan dalam memantau, membina, dan mengkoordinir pelaksanaan P3TGAI di lapangan secara langsung,” ungkapnya.

Dirinya juga berpesan kepada para TPM untuk menerapkan protokol kesehatan selama bekerja dan mematuhi semua kesepakatan kontrak yang ada, membuat laporan dengan lengkap, mendokumentasikan kegiatan P3TGAI sebaik mungkin, serta semakin inovatif dalam menjalankan tugas.

Pramono menjelaskan, munculnya pandemi berdampak pada hilangnya mata pencaharian sebagian warga, sehingga melalui Program Padat Karya Tunai (PKT) pada P3TGAI ini diharapkan dapat menyerap tenaga kerja secara langsung dari masyarakat yang terdampak pandemi.

Menutup sambutannya, Pramono juga berharap nantinya ada daerah/desa P3TGAI BBWS Serayu Opak yang menjadi percontohan, dengan kualitas yang bagus dan memuaskan dari segi adminstratif hingga teknis.

Adapun 136 desa di Jawa Tengah yang memperoleh program ini yakni: Kabupaten Banyumas: 23 desa, Kabupaten Purbalingga: 13 desa, Kabupaten Kebumen: 6 desa, Kabupaten Purworejo: 2 desa, Kabupaten Banjarnegara: 54 desa, Kabupaten Magelang: 27 desa, Kabupaten Temanggung: 11 desa.

Sementara 10 Desa di D.I. Yogyakarta yang mendapatkan P3TGAI meliputi Kabupaten Bantul: 4 desa, Kabupaten Gunungkidul: 4 desa, dan Kabupaten Sleman: 2 desa. (iq)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *