Data H3 Akurat Tentukan Pengelolaan SDA yang Optimal

Data dan informasi Hidrologi, Hidrometeorologi dan Hidrogeologi (H3) yang akurat, benar, berkesinambungan, dan tepat waktu menjadi faktor yang sangat menentukan terselenggaranya pengelolaan sumber daya air (SDA) yang optimal. Oleh karena itu, melalui Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai (TKPSDA WS), diharapkan pengelolaan data dan informasi H3 dapat ditingkatkan keakuratan, kebenaran, dan ketepatan waktu penyampaian data; dijamin kesinambungan pelayanan data dan informasi H3; dijamin kompatibilitas perangkat pengolahan data dan informasi H3 yang ada; serta dijamin keberlanjutan layanan data dan informasi H3 yang didukung ketersedian sumber daya yang memadai.

Demikian disampaikan Kepala Tim Sekretariat TKPSDA WS Progo Opak Serang dan WS Serayu Bogowonto, Pramono, saat memberikan sambutan dalam acara Sidang Komisi I TKPSDA yang membahas Rencana Pengelolaan Sistem Informasi Hidrologi, Hidrometeorologi dan Hidrogeologi (SIH3) yang diadakan secara daring pada Senin-Selasa (14-15/9).

Pramono, yang juga menjabat sebagai Kabid Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak, memaparkan bahwa air merupakan kebutuhan mutlak bagi kehidupan semua makhluk. Ketersediaan air juga menjadi prasyarat bagi kelangsungan peradaban suatu bangsa. Keberadaan air di bumi dan di atmosfer mengikuti siklus hidrologi yang sangat dinamis.

“Air yang berada di permukaan bumi berkaitan dengan hidrologi, sedang yang berada di atmosfer berkaitan dengan hidrometeorologi sedangkan yang berada di bawah permukaan bumi berkaitan dengan hidrogeologi,” ujar Pramono.  

Kabid OP BBWS Serayu Opak melanjutkan, dinamika perubahan kondisi air di atmosfer, pada permukaan, dan di dalam bumi wajib diamati, dicatat, dihimpun, serta diolah menjadi data dan informasi mengenai kondisi hidrologi, hidrometeorologi, dan hidrogeologi (H3), diarsipkan secara tertib dan sistematis, serta diintegrasikan dengan pengelolaan jaringan data spasial nasional. (as/pt/hn/zl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *