Sumsel Bangun Waduk Berdaya Tampung 260 Juta Kubik Air

PALEMBANG ? Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan memulai proses perencanaan pembangunan waduk di Desa Sukabumi, Kecamatan Tiga di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS). Seperti proses perizinan hingga prakonstruksi, agar tender mega proyek itu bisa dimulai awal tahun depan.

Kepala Dinas PU Pengairan Sumsel, Syamsul Bahri kepada Sripoku.com mengatakan, pihaknya melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan instansi vertikal terkait untuk membahas dokumen yang diperlukan, sementara proses pembebasan lahan terus berjalan.

?Kita bahas hal-hal wajib terlebih dulu seperti dokumen tata ruang dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Lalu proses perizinan, prakonstruksi dan memastikan lahan sudah bebas dari status hutan lindung atau kepemilikkan warga,? ujar Syamsul di Kantor Gubernur Sumsel, Jalan Kapten A Rivai Palembang, Rabu (17/6/2015).

Dinas PU Pengairan Sumsel bekerja sama Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII (B2WS2) untuk membangun waduk yang akan menampung air sebanyak 260 juta meter kubik untuk mengaliri irigasi itu.

Setidaknya dibutuhkan lahan hingga 1.005 hektar membuat waduk. Namun pemerintah masih harus menguba status 288 hektar lahan yang masuk sebagai kawasan hutan lindung serta daerah genangan.

Waduk di OKUS diharapkan dapat mengairi irigasi hingga seluas 25 ribu hekar. Kemudian dikembangkan untuk menghasilkan tenaga listrik berkekuatan 74 Mega Watt (MW).

Ketika Sumsel memasuki musim kemarau, waduk yang menggunakan APBN sekitar Rp 2 triliun itu juga dimanfaatkan sebagai cadangan air untuk dialirkan ke sebagian besar lahan pertanian di Ogan Komering Ulu (OKU).

Awalnya Pemprov Sumsel dan B2WS2 akan memulai pembangunan dengan ground breaking tahun 2017 mendatang, dengan target hingga tiga tahun atau 2020. Saat ini sedang berlangsung pembuatan Detail Engineering Design (DED).

Menurut Syamsul, Sumsel berkepentingan memiliki waduk besar untuk pertanian dan ketahanan pangan. Selain sebagai sumber pembangkit listrik tambahan. ?Juga cadangan air,? tambahnya. (Sripoku.com/Syarif)

Print Friendly, PDF & Email
Comments for this post are closed.