Pompa Sungai Bendung Minimalisir Waktu Genangan Air

Rencana pembangunan rumah pompa dan kolam retensi di Sungai Bendung Sekip Palembang saat ini sudah dimulai. Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII telah melakukan pemancangan tiang pertama di Jl Ali Gatmir Ilir Timur I Palembang. Tiang pancang pertama ini dibangun tepat di muara kolam retensi yang akan mengalir ke Sungai Musi. Pembangunan rumah pompa dan kolam retensi ini direncanakan selesai di tahun 2018 mendatang dengan dana lebih dari Rp 200 Miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air BBWS Sumatera VIII, Adi Rusman menjelaskan, pembangunan rumah pompa dan kolam retensi ini tidak serta merta mengatasi banjir. Hanya saja, dapat memperpendek waktu genangan mengingat selama ini air hujan dan luapan sungai baru dapat kering setelah dua hari.
“Sungai Bendung ini posisinya berada di bawah Sungai Musi, lebih rendah. Sehingga luapan Sungai Musi masuk ke Sungai Bendung dan tidak tertampung, sehingga masuk ke pemukiman warga dan jalan. Fungsi rumah pompa inilah nantinya akan memompa air dan mengumpulkannya ke dalam kolam retensi,” terangnya, Selasa (22/3/2016).
Adi menyebutkan, nantinya akan disiapkan enam buah kombinasi pompa dengan daya hisap 1×6 meter kubik per detik. Dengan daya ini, dipastikan dapat membuat genangan air akan terkumpul di kolam retensi dalam hitungan jam. “Sehingga waktu genangan otomatis berkurang,” tuturnya.

Print Friendly, PDF & Email

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *