DESTINASI WISATA SUNGAI MUSI di KOTA PALEMBANG

Terpesona aku melihat wajahnya. Tatkala aku duduk didekatnya. Sebiduk seiring kali menyeberang. Berperahu keseberang Sungai Musi..

Masih ingat dengan se-bait lagu tersebut yang pernah dipopulerkan oleh Alfian di-era tahun 1970-an ?.

Kota Palembang merupakan salah satu kota tertua  ditanah air usianya lebih dari 13 abad, kota yang dulunya merupakan pusat Kerajaan Sriwijaya saat ini terus bergerak membangun infrastuktur agar menjadi kota yang bertaraf internasional. Keberadaan Sungai Musi yang membwlah Kota Palembang menjadi dua bagian, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dihubungkan oleh Jembantan Ampera semakin indah dan mempesona. Selain itu Sungai yang panjangnya sekitar 750 Km ini merupakan urat nadi kehudupan warga kota Palembang serta menjadi saksi peradaban dan kebudayaan masyarakar Sumatera Selatan.

Hal ini lah anatara lain yang menyebabkan Bapak Presiden Jokowi meminta kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan agar destinasi wisata Sungai Musi lebih ditingkatkan lagi untuk menarik kedatangan paling tidak untuk wisatawan lokal.

Sungai Musi memang sangat mempesona dan meninggalkan kenangan yang sulit terlupakan, cukup bnyak objek wisata yang dapat dikunjungi baik yang berada disekitar Sungai Musi maupun yang berada disepanjang alur sungai tersebut.

Dahulu alat transportasi di Sungai Musi berupa perahu yang dihela dengan tenaga manusia sebagaimana tercermin dalam bait lagu diatas, namun saat ini perahu tersebut sudah diberi mesin agar lebih cepat yang dinamaiperahu ketek, dinamai perahu ketek karena mungkinbunyi mesinnya tek..tek..tek.

Kami sengaja menyisihkan waktu untuk menelusuri Sungai Musi dengan menyewa perahu ketek yang banyak terdapat didermaga depan Benten Kuto Besak (BKB) dan didermaga pasar 16 ilir. Disekitarnya kita juga dapat mencicipi kuliner dan ole-ole khas Kota Palembang.

Print Friendly, PDF & Email

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *