PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR SDA PULAU BANGKA

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kunjungi Kantor BBWS Sumatera VIII Di Palembang. Pulau Bangka merupakan salah satu pulau besar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  ada dua pulau besar di Provinsi tersebut selain Pulau Bangka yaitu Pulau Belitung. Dulu pulau bangka terkenal dengan hasil tambangnya, yaitu timah. Bahkan Bangka merupakan salah satu penghasil timah terbesar didunia. Kata bangka sendiri berasal dari kata Wangka yang berasal timah, karena didaerah ini banyak ditemukan bahan galian timah sehingga disebut juga dengan nama Pulau Timah. Karena pergeseran atau bunyi bahasa yang berubah maka masyarakat lebih lekat memanggil pulau ini dengan nama Pulau Bangka atau pulau bertimah.

Menurut cerita, Pulau Bangka tidak mempunyai penduduk asli, semua penduduk adalah pendatang terutama suku Melayu dari daratan Malaka dengan membawa agama islam yang berkembang sampai sekarang. Saat ini mungkin Bangka kalah terkenal dibandingkan dengan Belitung, karena masyarakat sekarang lebih mengenal Belitung sejak dikeluarkannya film Laskar Pelangi yang pernah mengambil lokasi shooting di pulau tersebut. Namun perkembangan di pulau Bangka sangat pesat, sekarang di Pangkal Pinang sudah dibangun bandara baru yang diberi nama Bandara Depati Amir sebagai pengembangan bandara lama. Hotel-hotel berbintang sudah menjamur dimana-mana karena bnyaknya obje wisata didaerah ini. Pulau Bangka memikili empat kabupaten dan satu kota, yaitu Kabupaten Bangka ibukotanya disungai liat, Kabupaten Bangka Barat ibu kota di Muntok, Kabupaten Bangka Tengah ibukotanya di Koba, Kabupaten Banka Selatan ibukotanya di Toboali serta kata Pangkal Pinang merupakan ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pulau Bangka memiliki pesona yang indah karna dikelilingi oleh bnyak pantai dan tempat wisata yang menawan, seperti Pantai Parai di Sungai Liat, Pantai Pasir Padi di Kota Pangkal Pinang, Pantai Penyak di Bangka Tengah, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Matras, Pantai Rebo, Pantai Batu Berdaun, Pantai Ru Sadai di Bangka Selatan, Pantai Tanjung Kerasak di Bangka Selatan, Pantai Gunung Mamak di Bangka Selatan, Pantai Tanjung Kelian di Bangka Barat, Pantai Tanjung Ular di Bangka Barat, Pantai Romodong di Sungai Liat, Pantai Tanjung Berikat di Bangka Tengah, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Kerasak, Pantai Tapak Hantu, Pantai Air Anyir, Pantai Tuing. Kepulauan bangka belitung memiliki anyak pulau, ada sekitar 470 pulau bernama dan yang berpenghuni sekitar 50 pulau. Umumnya pantai di bangka berpasir putih dan halus, landai dengan ombak yang lumayan besar dan dikelilingi oleh batu vulkanik yang unik dan indah seperti dipantai Parai dan Pantai Tanjung Pesona. Sejak Bangka Belitung menjadi Provinsi sendiri ditahun 2000, Bangka giatmembangun infrastruktur dibidang  pekerjaan umum seperti jalan dan jembatan. Salah satu jembatan terindah yang baru selesai dibangun pada tahun 2017 ini adalah Jembatan Emas yang melintas di Sungai Batu Rusa. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pulau Bangka, Balai Besar Wilayah Sumatera (BBWS) Sumatera VIII juga ikut mendukung pembangunan infrastruktur dibidang sumber daya di wilayah ini.

Menurut Ir. Jarot Widyoko, Sp selaku Kepala BBWS Sumatera VIII dalam penjelasannya didepan rombongan Anggota Komisi III DPRD Prov. Kepulauan Bangka Belitung yang melakukan kunjungan kerja ke kantor BBWS Sumatera VIII Palembang, bahwa dalam tahun 2017 ini tidak kurang dana sebesar Rp. 200 milyar lebih telah digelontorkan pemerintah untuk melanjutkan pembangunan di pulau tersebut. Infrastruktur sumber daya air yang dibangun meliputi antara lain rehabilitasi/peningkatan jaringan daerah irigasi/rawa, pembangunan prasarana penyediaan air baku, pembangunan talud/pemecah gelombang untuk pengamanan pantai. Pertemuan Anggota Komisi III DPRD Prov. Kepulauan Bangka Belitung dengan Pimpinan BBWS Sumatera VIII berlangsung pada tanggal 19 Juni 2017 di Kantor BBWS Sumatera VIII jalan Soekarno-Hatta Palembang. Rombongan DPRD tersebut berjumlah 11 orang yang dipimpin oleh Ketua Komisi III Toni Purnama, S.IP.

Print Friendly, PDF & Email

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *