JALAN TOL KAPAL BETUNG MELINTAS DI TIGA SUNGAI

Masyarakat Sumatera Selatan khusunya warga Kota Palembang boleh bangga karena jalan tol yang direncanakan oleh pemerintah telah dimulai pembangunannya beberapa waktu yang lalu. Salah satunya adalah ruas Jalan Tol Kapal Betung, yang merupakan sungkat dari Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung. Jalan Tol dan ruas jalan Tol Palindra (Palembang-Indralaya) merupakan megaproyek dari Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.818 km yang akan menghubungkan kota-kota di sumatera mulai dari Lampung hingga ke Aceh. Pembangunan jalan Tol Kapal Betung diperkirakan akan menelan dana sekitar 14 triliun.

Ruas Jalan Tol Kapal Betung panjangnya sekitar 111,69 km, titik nol km jlan ini berada di Desa Celikah Kayu Agung Kabupaten OKI kemudian melewati kota Palembang dan berakhir di Kota Betung Kabupaten Banyuasin. Ruas jalan tol ini dibagi dalam 3 seksi, yaitu seksi I Kayu Agung-Jakabaring (33,5 km); seksi II Jakabaring-Musi Landas (33,9 km) dan seksi III Musi Landas-betung (44,29 km). Jalan tol ini merupakan jalan tol terpanjang diluar Pulau Jawa atau terpanjang kedua setelah jalan tol di Sumatera Utara. Baru-baru ini, Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono dengan didampingi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Perhubungan  Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan jalan tersebut. Menurut Basuki pembangunan jalan tol ini progresnya sesuai dengan yang direncanakan, sedangkan Gunadi Sukarjo selaku Kepala Divisi VI PT. Waskito Karya sebagai kontraktor pelaksana mengatakan bahwa progres pembangunan jalan tol tersebut baru mencapai 13,5%. Terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya dilapangan, seperti pembebasan lahan dan cuaca yang kurang bersahabat. Ada empat perusahaan yang mengerjakan fisik dilapangan jalan tol ini, yaitu PT. Prima Indo Jaya Mandiri, PT. Chungma E&C, PT. Yasa Patria Perkasa dan PT. Waskito Karya.

Dari informasi yang kami peroleh, jarak Kayu Agung-Jakabaring yang selama ini ditempuh hampir dua jam jika jalan tol ini sudah selesai nanti dapat ditempuh hanya dalam waktu sekitar 30 menit saja. Ruas jalan Tol Kayu Agung-Jakabaring panjangnya sekitar 33,50 km dengan lebar 50 meter, dibangun dalam 4 lajur. Selain itu juga direncanakan akan dibangun pintu tol di Simpang Susun (SS) SP. Padang Sta. 13+300 SS Jejawi Sta 23+950 dan SS Jakabaring Sta 35+300 dan Barier Gate di Kayu Agung.

Tim Balai Besar Wilayah Sungan Sumatera VIII dengan didampingi oleh beberapa staf dari PT. Sriwijaya Markmore Persada selaku pengelola jalan tol tersebut berkesempatan meninjau jalan tol Kapal Betung khususnya yang akan melintasi sungai dan daerah pertanian disekitar trase jalan tol. Menurut M. Faisal salah seorang staf teknik PT. Sriwijaya Makmore Persada yang ikut mendamping dalam peninjauan lapangan tersebut bahwa akan ada 3 jembatan yang melintasi sungai, dengan panjang bentang tengah jembatan masing-masing di Sungai Musi 540 meter, dengan Bentang di Sungai Keramasan 70 meter dan di Sungai Ogan dengan bentang jembatan sepanjang 360 meter. Saat inikegiatan dilapangan dalam pembangunan ke-tiga jembatan tersebut baru melakukan pemancangan tiang pancang untuk kontruksi kepala jembatan, progres diperkirakan baru mencapai 11%.

Print Friendly, PDF & Email

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *