JK DAN BASUKI TINJAU JALAN TOL DAN KOLAM JAKABARING

Wakil Presiden Yusuf Kalla beberapa bulan yang lalu melakukan kunjungan kerja ke proyek strategis nasional di Kota Palembang, kunjungan dimaksud adalah dalam rangka melihat langsung kemajuan proyek tersebut seperti pembangunan Light Rapid Transit (LRT) yang menghubungkan ruas dari Bandara Sultan Macmud Badaruddin II ke OPI Mall Jakabaring, pembangunan jalan tol yang menghubungkan Palembang-Indralaya sepanjang 22 km serta peningkatan Kolam Dayung Jakabaring.

Semua proyek-proyek termasuk akan diperuntukan untuk menunjang kelancaran event olahraga Asian Games Ke XVIII yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang. Dalam kunjungan tersebut Wakil Presiden didampingi oleh Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin beserta pejabat terkait lainnya. Sementara itu menteri Pekerja Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Muhammad Basuki Hadimulyono sepanjang Rabu tanggal 24 mei 2017 bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga meninjau sejumlah proyek infrastruktur di kota Palembang, Sumatera Selatan. Selain memantau perkembangan kegiatan di Komplek Olahraga Jakabaring seperti perluasan kolam dayung yang akan berstandar internasional untuk dipakai pada Asian Games 2018 mendatang, juga meninjau proyek jalan tol Plaembang – Indralaya (Palindra), KayuAgung-Palembang Betung (Kapal Betung) dan proyek kereta ringan (LRT). Pada edisi ke-dua majalah ini beberapa bulan lalu kami telah membahas secara panjang lebar proyek LRT ini dimana ada ruas sepanjang 445 meter nantinya akan melayang melintas diatas sungai musi disamping Timur dari Jembatan Ampera.

Untuk proyek jalan tol Palembang – Indralaya (Palindra) sepanjang 22 km sebagian diantaranya sudah bisa dilalui bagi pengendara yang akan menggunakan jalan lintas timur Sumatera dari arah Lampung menuju Jambi atau sebaliknya. Layaknya seperti jalan tol yang ada, saat ini disejumlah titik sudah mulai dipasang rambu-rambu lalu lintas. Dijalan pangkal tersebut juga sudah berdiri gerbang tol yang cukup megah. Menteri Basuki memastikan pengerjaan jalan tol Palembang-Indralaya (Palindra) terus mengalami kemajuan. Pada saat arus mudik lebaran beberapa waktu lalu, seksi 1 yang meliputi ruas Palembang – Pemulutan sepanjang 8,5 km sudah bisa dilalui oleh Pemudik dilintas timur Sumatera. Sedangkan secara keseluruhan proyek ini meliputi 3 seksi akan tuntas pengerjaannya pada bulan November 2017 nanti.

Secara keseluruhan realisasi tol Palindra mencapai sekitar 52% lebih, berdasarkan data yang kami peroleh per tanggal 20 mei 2017 seksi 1 mengalami kemajuan pesat sebesar 88,12%, sekai 2 pemulutan- KTM sebesar 4,74% dan seksi 3 (KTM-Indralaya) sebesar 63,2%. Sebagaimana dijelaskan oleh kontraktor PT. Waskito Karya pengerjaan proyek jalan tol ini dalam pelaksanaannya dilapangan mengalami berbagai hambatan, seperti : persoalan ganti rugi lahan dan kondisi hujan yang terus menerus turun akhir-akhir ini. Hambatan lainnya adalah jalur tol yang sebagian besar berada diatas tanah rawa gambut dalam dan dangkal. Ruas tol Palindra adalah bagian dari Trans Sumatera, saat ini juga sedang dikerjakannya tol Pelabuhan Bakauheni, toll Medan-Binjai dan tol Medan-Kualanamu dan Tebing Tinggi. Jika semua sudah selesai nanti, Palembang-Bandar Lampung dapat ditempuh Pulang pergi  pada hari yang sama demikian juga dengan Palembang Jambi.

Print Friendly, PDF & Email

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *