KENAPA KEKUATAN MESIN MEMAKAI ISTILAH TENAGA KUDA ?

Hourse Power (HP) atau disebut juga Tenaga Kuda biasanya digunakan dalam satuan ukuran industri otomotif. Kenapa dipakai istilah Tenaga Kusa, pada hal masih binatang lain yang tampilan fisiknya lebih kekar/kuat dari pada kuda? Tenaga Kuda menjadi acuan seberapa besar tenaga yang dihasilkan oleh satu unit mesin.

Pernah dengar istilah Watt (W) ? Ya, Watt juga merupakan salah satu satuan daya. Daya Kuda atau tenaga kuda adalah salah satu unit pengukuran dayayang pada umumnya setara dengan 735,5 hingga 745,7 Watt. Umumnya penggunaan satuan daya yang paling populer menggunakan Watt. Hampir disetiap barang elektronik dan pompa menggunakan satuan Watt untuk menunjukan daya input dan outputnya.

Pemakaian tenaga kuda bermula dari penemuan mesin uap oleh James Watt pada tahun 1763. Ia pertama kali memperkenalkan mesin uap tahun 1777, setelah itu ia mulai mengembangkan teknologi mesin uap agar lebih mudah dikenal masyarakat. Saat itu kuda (horse) merupakan hewan pengangkut dan menjadi alat transportasi utama, hal ini lah yang mendasari terciptanya sebutan Tenaga Kuda atau kadang disebut juga dengan Daya Kuda. Masalahnya kuda memiliki fisik yang terbatas dan mesin uap diciptakan bertujuan untuk menciptakan Kuda tersebut.

Perkembangan mesin uap menjadikan alasan untuk membandingkan kemampuan mesin uap dan kuda, sumber daya tarik yang biasa digunakan pada waktu itu. Watt setuju untuk mendapatkan royalty sepertiga dari penghematan batu bara sebagai akibat penggantian mesin uap Newcomen yang lama dengan mesin uapnya yang baru. Skema royalty ini tidak bisa digunakan pada konsumen yang tidak menggunakan mesin uap melainkan Kuda. Kemudian James Watt menciptakan formulasi khusus untuk menghitung tenaga mesin tunggal untuk dibandingkan dengan Kuda. Hasilnya ia menemukan bahwa seekor kuda mampu memutar alat penggiling sebanyak 144 kali dalam satu jam atau 2,4 kali dalam satu menit. Radius dari roda yang berputar adalah 12 kaki, sehingga kuda bergerak sejauh 2,4 x 2pi x 12 kakidalam satu menit. Watt yakin bahwa seekor kuda mampu menarik dengan gaya 180 pound, sehingga : Daya = Usaha/Waktu = (Gaya X Jarak) / Waktu = (140 lbf)(2,4 X 2  X12 ft) / 1 min = 32,572 ft. Lbf/menit, dibulatkan nilainya mrnjadi 33.000 kaki pound per menit.

James Watt melalui eksperimennya pada kuda yang bekerja ditempat pembuatan bir, menemukan bahwa kuda mampu menghasilkan 32.400 kaki pound per menit. Demikian sekilas tentang penamaan satuan ukuran daya.

Print Friendly, PDF & Email

1 Comment

  • GabecUs

    Wah keren samoe tau sejaranya di mimin, kerenlah hahaha

  • Write a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *