PESONA PEMANDANGAN ALAM DANAU RANAU

Bersama dengan adanya pertemuan rembug bareng Pengelolaan dan Penyelamatan Danau Ranau, tim redaksi kami berkesempatan ikut serta field day mengelilingi dabau tersebut. Menurut sejarah yang ada, danau ini tercipta karena adanya gempa besar dan letusan gunung berapi yang membuat cekungan besar. Danau yang terletak tidak jauh dari Pegunungan Bukit Barisan ini berada pada koordinat 4051’45’’ LS dan 103055’50’’ BT. Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua setelah Danau Toba di Sumatera Utara. Danau ini terletak diperbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung, tepatnya diperbatasan antara Kabupaten OKU Selatan dan Kabupaten Lampung Barat.

Danau Ranau merupakan danau tektonik/danau vulkanik, Aliran utama berasal dari Sungai Warkuk dan aliran keluar menuju Sungai Selabung yang merupakan salah satu dari anak sungai Komering. Dari aliran sungai ini lah sumber utama untuk mengairi Daerah Irigasi Komering yang terletak di Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung. Luas permukaan danau ini 125,9 km2 dengan kedalaman rata-rata 174 m serta kedalaman maksimum 229 m. Volume air yang ada sekitar 21,95 km3, letaknya 540 m diatas permukaan laut. Secara geografis topografi Danau Ranau adalah merupakan perbukitan yang berlembah, hal ini menjadikan udara disekitar danau ini terasa sejuk dan segar.

Danau Ranau tidak hanya untuk kebutuhan air irigasi saja, namun berpotensi untuk kegiatan pariwisata alam karena pemandangan disekitarnya sangat indah, luas dan udaranya yang menyejukan cocok untuk menghilangkan kepenatan di Kota akibat beban pekerjaan sehari-hari. Banyak objek wisata disekitar danau ini, selain kita dapat menikmati indahnya pemandangan alam Gunung Seminung dan birunya air danau juga ada tempat wisata lainnya seperti Pulau Mariza yang berada ditengah danau, pemandian air panas yang mengandung belerang dan air terjun Subik Tuha. Masyarakat setempat percaya mandi ditempat ini bisa menyembuhkan penyakit, terutama penyakit kulit. Selain pemandangan alam, juga dapat dilihat hamparan sawah yang luasdan menghijau serta kebun kopi milik rakyat. Untuk menuju pulau tersebut tersedia transportasi berupa perahu motor melalui Dermaga Banding Agung atau Dermaga PT. Pusri dengan harga tiket yang cukup murah dan dapat dijangkau.

Danau Ranau dapat dicapai dari kota muara dua ibukota Kabupaten OKU Selatan melalui jalan darat sekitar 1,5 jam atau dari Kota Palembang sekitar 8 jam. Juga dapat dicapai melalui jalan darat dari kota Liwa ibukota Kabupaten Lampung Barat sekitar 1 jam atau dari Bandar Lampung sekitar 6 jam. Walaupun cukup jauh, tetapi akses jalan menuju lokasi tersebut cukup bagus. Bagi yang ingin bermalam disana juga tersedia penginapan yang representatif seperti Villa PT. Pusri yang terletak persis ditepi Danau Ranau, untuk mendapatkan view yang bagus dapat memesan kamar type cottage. Selain itu juga terdapat Mess air terjun serta beberapa hotel dan penginapan lainnya sekelas bintang dua dengan sewa kamar yang masih bisa dijangkau, juga tersedia kuliner yang nikmat dan lezat. Memang belum ada sarana transportasi udara disaerah ini, namun di Desa Banding Agung di Kabupaten OKU Selatan sudah terdapat bandara perintis tetapi masih dalam kajian instansi terkait untuk perpanjangan landasan pacuannya/runway menjadi 1600 meter agar dapat didarati leh pesawat sejenis ATR, demikian pula Bandara Taufik Kiemas di Liwa Kabupaten Lampung Barat. Setiap liburan akhir tahun atau hari libur nasional Kawansan Wisata Danau Ranau banyak dikunjungi oleh wisatawan, karena keindahan alamnya yang luar biasa dan tidak ada didaerah wisata lainnya.

Didesa Lumbok Siminung juga telah dibangun tourism center oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, ditempat ini terdapat gardu pandang yang dapat melihat keadaan Danau Ranau sejauh mata memandang. Tidak jauh dari tmpat ini kita dapat menyaksikan peternakan ikan yang diusahakan oleh penduduk setempat. Selain itu bagi yang hobi olahraga air, didanau ini juga sangat cocok untuk melampiaskan kegemarannya tersebut. Demikian juga yang hobby outbond kawasandisekitar Danau Ranau sangat strategis. Selamat menikmati semoga berkesan.

Print Friendly, PDF & Email

1 Comment

  • Riki

    Semoga dapat di jaga terus kelestarian danau ranu ini, kalau tetap terjaga selain indah yang dapat digunakan sebagai sumber pariwisata, airnyapun dapat dimanfaatkan masyarakat melalui aliran sungainya.
    Jagalah alam indonesia

  • Write a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *