P3-TGAI MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN SUMATERA SELATAN

Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) merupakan salah satu kegiatan dari Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM). P3-TGAI merupakan lanjutan dari Program P4-ISDA yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013 dan sekarang berganti nama menjadi P3-TGAI, walaupun demikian maksud dan pelaksanaannya hampir sama yaitu untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat Petani Pemakai Air (P3A) dalam kegiatan perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi sesuai dengan kebutuhan dan prinsip kemandirian.

P3-TGAI merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi desa guna kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, serta berkontribusi untuk ketahanan pangan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan dimana masyarakat dilibatkan dalam pembangunan irigasi kecil dibawah 150 ha dengan melibatkan langsung P3A. Dalam pelaksanaannya kegiatan P3-TGAI didampingi oleh Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM). Selain itu kegiatan P3-TGAI ini juga merupakan program padat karya tunai, manfaat untuk masyarakat diperdesaan cukup besar karena dapat menambah uang yang beredar dimasyarakat sehingga diharapkan daya beli masyarakat juga semakkkinnn meningkat menurut Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BBWS Sumatera VIII M. Tahid, ST. MPPM, “pada tahun 2017 P3-TGAI Provinsi Sumatera Selatan dilakukan di 11 desa dengan anggaran sebesar Rp. 23 Milyar lebih tujuannya adalah untuk peningkatan dan pemeliharaan saluran irigasi tersier. Masing-masing lokasi mendapat alokasi Rp. 200 juta termasuk untuk pendampingan.

Dana yang diberikan kepada kelompok petani tersebut dapat digunakan untuk melakukan rehabilitasi jaringan irigasi ataupun peningkatan jaringan irigasi seperti perbaikan tanggunl, perbaikan bangunan perlengkapan, perbaikan jalan irigasi dan lain-lain untuk meningkatkan kinerja irigasi tersebut termasuk juga pemberdayaan masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *