PEMBANGUNAN BENDUNGAN TIGA DIHAJI DENGAN KOMISI KEAMANAN BENDUNGAN (KKB)

Bendungan Tiga Dihaji yang terletak diDesa Sukabumi Kecamatan Tiga Dihaji Kabupaten OKU Selatan merupakan salah satu dari 49 bendungan yang masuk dalam Program Proyek Strategis Nasional (PSN). Bendungan dengan tinggi sekitar 121,5 meter yang mempunyai multi fungsi seperti untuk irigasi, pengendalian banjir, energi listrik (PLTA), air baku dan pariwisata saat ini terus dikaji masalah desainnya agar pada saat pelaksanaannya nanti dilapangan dapat dikerjakan dengan baik serta tidak membahayakan lingkungan sekitarnya.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 27/PRT/M/2015 Tentang Bendungan khususnya pada Pasal 24 ayat (2) Persetujuan desain leh Menteri setelah mendapat rekomendasi dari Komisi Keamanan Bendungan. Terkait hal tersebut pada tanggal 26 September 2017 dengan difasilitasi oleh Balai bendungan Ditjen Sumber Daya Air bertempat diruang Rapat Kantor Balai Bendungan Pasar Jum’at Jakarta telah diadakan Sidang Teknis Komisi Keamanan Bendungan untuk membahas hasil desain Bendungan Tiga Dihaji yang dibuat oleh Konsultan PT. Virama Karya (Persero). Rapat dipimpin oleh DR. Ir. Bambang Hargono, Dipl. HE, MSc dari Komisi Keamanan Bendungan dengan dihadiri oleh Kepala Balai Bendungan Ir. Bastari, M.Eng dan anggota Komisi Keamanan Bendungan, antara lain seperti Ir. Husni Sabar, Dilp. HE; Ir. Ibnu Kasiro, Dipl. HE ; Ir. Soedibyo, Dipl. HE.

Sedang dari Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII hadir  antara lain Kepala BBWS Sumatera VIII Suparji, S. ST, MT; Kabid Program dan Perencanaan Wijayanto, ST. Msi; PPK Perencanaan dan Program Aldilla Miralti, ST; PPK Bendungan Amaraldo, ST. MT serta staf lainnya.

Dari hsil sidang teknis tersebut Komisi memberikan saran-saran yang harus segera ditindak lanjut oleh pihak-pihak yang berkepentingan, laporan tindak lanjut dari saran-saran tersebut setelah diterima oleh Balai Bendungan akan dibahas dalm diskusi teknis Komisi Keamanan Bendungan kemudian dilanjutkan pembahasannya pada Sidang Pleno Komisi Keamanan Bendungan.

Print Friendly, PDF & Email

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *