PENGURUS HATHI CABANG SUMSEL 2018-2021 TERBENTUK

Setelah beberapa waktu terjadi kekosongan karena adanya pejabat yang dimutasi, Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI) Cabang Sumsel periode 2018-2021 Senin malam (9/1) bertempat di Ball Room Hotel Aston Palembang resmi dilantik. Hadir dalam pelantikan tersebut Sekda Provinsi Sumsel H. Nasrun Umar yang mewakili Gubernur Sumsel, Kapala BPKSDM Kementerian PUPR Ir. Loly Martina Martief, MT, Direktur Pengembangan Jaringan SDA Ir. Trisasongko Widianto, Dipl. HE  beberapa pejabat eselon II dilingkungan Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang, para Rektor dari 11 PTN/PTS Provinsi Sumsel, Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya, beberapa pengurus HATHI Pusat serta tamu undangan lainnya.

Selain pelantikan pengurus HATHI Cabang Sumsel, juga dilakukan perjanjian kerjasama (MOU) antara para rektor 11 PTN/PTS dengan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, kerjasama ini meliputi antara lain peningkatan SDM dan penelitian dibidang ilmiah dan teknologi. Adapun PTN/PTS yang ikut MOU tersebut seperti: UNSRI, Univ. Bina Dharma, Univ. Muhammadiyah, Univ. Tridinanti, Univ. PGRI, Univ. IBA, UIGM, Univ. Taman Siswa,…Univ. Musi Rawas dan Poltek Sriwijaya.

Terpilih sebagai Ketua HATHI Cabang Sumsel periode 2018-2021 adalah Suparji, S.ST, MT (Kepala BBWS Sumatera VIII) menggantikan ketua periode sebelumnya Ir. Bistok Simanjuntak, Dipl. HE yang telah purna tugas beberapa waktu yang lalu.

Dalam sambutannya setelah resmi dilantik sebagai Ketua HATHI tersebut, Suparji, S.ST, MT meminta agar segenap pengurus dapat mencurahkan segenap kemampuannya untuk memanfaatkan potensi sumber daya air yang ada di daerah ini. Tantangan pengelolaan SDA setiap tahun semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan perkembangan ekonomi masyarakat, kebutuhan masyarakat akan air bersih yang sehat, banjir dan kekeringan yang berdampak terhadap sektor ekonomi baik di perkotaan maupun di pedesaan serta menurunnya kualitas air. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu sinergi antar berbagai pemangku kepentingan termasuk masukan dari seluruh anggota HATHI Cabang Sumsel.

Potensi Sumber Daya Air Wilayah Sungai Musi-Sugihan-Banyuasin dan Lemau(WS-MSBL) cukup besar, dari hasil studi “Pola Pengelolaan SDA” terdapat sekitar 65 milyar m3/tahun namun yang baru bisa dimanfaatkan hanya sekitar 11% sisanya terbuang kelaut dan kedalam bumi. Oleh karena itu perlu pengelolaan yang komperensif dan terintegrasi. Asosiasi profesi HATHI Cabang Sumsel siap berperan aktif bersama dengan pemerintah, perguruan tinggi, NGO dan seluruh masyarakat untuk memanfaatkan potensi air tersebut. Melalui kesepakatan bersama tersebut juga diharapkan para mahasiswa setelah selesai kuliah dapat menjadi anggota HATHI dan memperoleh sertifikat keahlian dibidang sumber daya air.

Sementara itu Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR yang diwakili oleh Kepala BPKSDM Kementerian PUPR selaku Ketua I HATHI Pusat berharap HATHI dapat terus memberikan dan berperan aktif terkait dengan pengelolaan sumber daya air. “Saat ini HATHI telah mengeluarkan 770 Sertifikat Ahli kepada seluruh anggota yang tersebar di seluruh Indonesia dalam mendukung pembangunan infrasturktur dibidang SDA. Harapannya pengurus baru HATHI Cabang Sumsel juga dapat menginventarisir jumlah anggotanya serta memfasilitasi mereka untuk mendapatkan sertifikat keahlian dibidang hidraulika tersebut.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengharapkan para anggota HATHI Cabang Sumsel dapat berkontribusi terhadap pembangunan yang ada khususnya dibidang infrasturktur SDA, hal tersebut disampaikan oleh Sekda H. Nasrun Umar yang mewakili Gubernur Sumsel. Potensi Sumsel sebagai penyandang lumbung pangan nasional perlu ditingkatkan demikian pula dengan permasalah yang ada dibidang SDA. Peran pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR dalam mendukung pembangunan di provinsi ini sangat diharapkan mengingat terbatasnya dana yang ada di pemerintah provinsi ini dan sebanding dengan luasnya layanan yang harus dijangkau (INFORMASI PUBLIK BBWSS8).

Print Friendly, PDF & Email

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *