Revaluasi Aset BMN, Nilai Untuk Negeri

Revaluasi Aset merupakan penilaian kembali aset yang dimiliki suatu entitas sehingga mecerminkan nilai aset sekarang. Revaluasi ini sebenarnya dapat dilakukan tidak hanya untuk aset tetapi juga kewajiban dan bentuk kekayaan lain. Namun seringkali revaluasi dikaitkan dengan aset khususnya aset tetap. Revaluasi dapat mengakibatkan nilai aset menjadi lebih besar atau lebih kecil dari nilai tercatatnya.

BBWS Sumatera VIII Palembang merupakan instansi dibawah Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat bekerja sama dengan Kantor Wilayah DJKN & KPKNL mendapat tugas untuk mengerjakan revaluasi aset yang ada dikarenakan jumlah aset yang direvaluasi berjumlah 37000 NUP (Nomor Urut Pendaftaran) di Sumatera Selatan dan menjadi No.1 terbanyak se-Indonesia. Tugas yang sekaligus tantangan tersebut menjadikan prioritas utama bagi BBWS Sumatera VIII dan merupakan program skala nasional dari pemerintah pusat.

Revaluasi Aset BMN Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII dibagi menjadi 3 Satker yang ada antara lain Satker BBWS Sumatera VIII, SNVT PJPA Sumatera VIII dan SNVT PJSA Sumatera VIII. Dari total jumlah 37000 NUP, aset yang di revaluasi antara lain Tanah, Gedung Bangunan dan JJBA (Jalan Jembatan Bangunan Air). Satker BBWS Sumatera VIII merevaluasi sekitar 24562 NUP, SNVT PJPA Sumatera VIII merevaluasi sekitar     NUP & SNVT PJSA Sumatera VIII merevaluasi sekitar 1854 NUP.

Progres sementara sampai dengan 23 April 2018 yang sudah direvaluasi antara lain Satker BBWS Sumatera VIII sudah mencapai 9264 (37,7%) dari jumlah total 24562 NUP meliputi Tanah 1932 NUP, Gedung Bangunan 40 NUP & JJBA 7292 NUP, SNVT PJSA Sumatera VIII sudah mencapai 219 (11,8%) dari jumlah total 1854 NUP meliputi Tanah 219 NUP, Gedung Bangunan 0 NUP & JJBA 0 NUP dan SNVT PJPA Sumatera VIII sudah mencapai 1110 NUP (11,3%) dari jumlah total 10091 NUP meliputi Tanah 588 NUP, Gedung Bangunan 0 NUP & JJBA 522 NUP.

Target penyelesaian yang direncanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untu merevaluasi aset sampai dengan bulan Juni 2018 akan tetapi dikarenakan banyaknya NUP (Nomor Urut Pendaftaran) BBWS Sumatera VIII dari pihak Kantor Wilayah DJKN & KPKNL Sumatera Selatan meminta jangka waktu sampai dengan bulan Agustus 2018. Namun, nota kesepakatan antara BBWS Sumatera VIII dan Kantor Wilayah DJKN & KPKNL optimis revaluasi aset selesai bulan Juni 2018 Semester I.

Print Friendly, PDF & Email

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *