Pelaksanaan Sidang Pleno dan Pengukuhan Anggota TKPSDA WS-MSBL Tahun 2018

Palembang - Tim TKPSDA untuk Wilayah Sungai Musi-Sugihan-Banyuasin dan Lemau (WS MSBL) mengadakan rapat pleno dan pengukuhan anggota TKPSDA WS MSBL selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 31 November 2018 sampai dengan 2 November 2018. Pelaksanaan sidang pleno ini merupakan perwujudan dari amanat Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) No. 17/2017 tentang Pedoman Pembentukan Tim Koordinasi Pengelolaan Sumberdaya Air pada Tingkat Wilayah Sungai  dimana TKPSDA harus melakukan sidang pleno paling sedikit satu kali dalam 3 (tiga) bulan.

Ibu Eni Rohainita, SE, MM dari Sekretariat TKPSDA WS-MSBL dan sebagai ketua panitia, melaporkan bahwa kegiatan TKPSDA WS MSBL sudah dimulai sejak 1 Maret 2018 dimana pada saat itu anggota TKPSDA WS-MSBL terpilih sebanyak 94 (Sembilan puluh empat) anggota yang berasal dari BBWS Sumatera 8, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) baik dari Provinsi Sumatera Selatan maupun dari daerah seperti Musi Rawas, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu dan lain-lain, Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air Provinsi, Kabupaten dan Kota yang masuk ke dalam WS-MSBL serta Lembaga Swadaya Masyarakat yang peduli terhadap pengelolaan Sumber Daya Air. Jumlah ini merupakan jumlah TKPSDA terbanyak di Indonesia untuk satu WS. Peserta yang dating pada kegiatan ini berasal dari anggota TKPSDA WS-MSBL.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera 8 (BBWSS 8), Kepala Subdirektorat Kelembagaan, Direktorat Bina Penatagunaan SDA Bpk. Ir. Triyono Tulus Setyawan, M. Eng., Kepala Subdirektorat Pengaturan dan Pemantauan Direktorat Bina Penatagunaan SDA Bpk. Sigit Hananjaya, ST, M.Eng dan Ibu Lien Suryani, SE, MM dari Seksi Kelembagaan II Subdit. Kelembagaan. Dalam Sambutannya, Ir. Suparji, SST, MT selaku Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera 8 manyampaikan bahwa TKPSDA WS-MSBL harus menjai wadah koordinasi dan penyambung silatuhrami untuk berdiskusi membahas isu dan permasalahan, perencanaan, pemantauan dan pemberian rekomendasi dalam pengelolaan sumberdaya air yang ada di WS MSBL. Menurut Bpk. Suparji, rekomendasi tersebut harus dapat ditindaklanjuti dalam bentuk implementasi yang nyata dan dapat dirasakan oleh masyarakat manfaatnya.

TKPSDA WS MSBL sendiri telah disahkan dalam Permen PUPR No. 27 Thn. 2018 Tentang Pembentukan Tim Koordinasi Pengelola Sumberdaya Air Wilayah Sungai Musi-Sugihan-Banyuasin dan Lemau. Tim ini telah melakukan sidang sebanyak 1 (satu) kali pada tanggal 4 September 2018 yang membahas rencana pelaksanaan sidang pleno yang dilaksanakan pada saat ini.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari sidang pleno TKPSDA WS MSBL antara lain Pembekalan, Sidang Pertama membahas Tata Tertib, Pembagian Komisi, Pembahasan Program Kerja TKPSDA WS MSBL  untuk 5 (lima) tahun dan tahunan dan Sosialisasi dan diskusi terkait rencana PSDA WS MSBL. Sidang Pleno Kedua membahas Isu Strategis untuk Daerah Irigasi (D.I.) Kelingi Tugumulyo, Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan SDA, Pendayagunaan SDA D.I. Kelingi Tugumulyo, Sistem Penanggulangan Banjir Kota Palembang dan Revitalisasi Potensi Danau Ranau. Acara terakhir adalah Perumusan Keputusan Sidang berupa Rekomendasi dari para anggota. Hari terakhir ditutup dengan pengukuhan TKPSDA WS MSBL dengan membacakan SK Menteri PUPR tentang Pembentukan TKPSDA WS MSBL, penyerahan SK dan penyerahan lambang TKPSDA dari direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR kepada Ketua TKPSDA WS MSBL.

Pembekalan kepada para anggota diberikan oleh para narasumber yang berasal dari Direktorat Bina Penatagunaan SDA yaitu Bpk. Sigit Hananjaya yang menyampaikan Kebijakan dalam Pengaturan Pengelolaan SDA Pasca Putusan MK. No. 85/PW-XI/2013 atas Uji Materi UU No. 07 Tahun 2014 tentang Sumberdaya Air, kemudian dilanjutkan oleh Bpk. Priyono Tulus Setyawan dengan materi pembekalan tentang Pengelolaan Sumberdaya Air Terpadu dan terakhir oleh Ibu Lien Suryani yang memberikan pembekalan mengenai Program Kerja dan Tata Tertib Persidangan TKPSDA WS-MSBL.

(Tim SISDA BBWSS 8)

#mengelolaairuntuknegeri

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *