Rapat membahas pengelolaan DI. Kelingi Tugumulyo diselenggarakan di Ditjen SDA

Pada Kamis 15 November 2019 Rapat membahas pengelolaan DI. Kelingi Tugumulyo diselenggarakan di Ditjen SDA dipimpin oleh Direktur Irigasi dan Rawa Muhammad Mazid, ST. SP. Hadir juga pada rapat tersebut Direktur O&P Ir. Agung Djuhartono CES, Instansi terkait dari Pemkab Musi Rawas dan Pemkot Lubuklinggau, BBWS Sumatera VIII, Dinas PSDA Prov . Sumsel dan Ketua Komisi TKPSDA WS-MSBL. Rapat membahas solusi mengatasi konflik air yang terjadi di DI. Kelingi Tugumulyo.
DI. Kelingi Tugumulyo adalah daerah irigasi kewenangan pemerintah dengan luas sekitar 10.163 ha, merupakan salah satu lumbung pangan pangan Prov. Sumsel. Irigasi ini dibangun pada jaman Belanda tahun 1941, semula irigasi ini peruntukannya hanya untuk tanaman padi. Namun sejak tahun 1980 an berkembang pula budidaya ikan arus deras yang juga potensinya cukup besar dan di pasarkan sampai Prov. Jambi dan Bengkulu.
Sejak adanya kolam ikan yang cukup banyak, akhir akhir ini terjadi masalah karena masyarakat dibagian hiilir kesulitan air apalagi di musim kemarau. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dicarikan solusi terbaik agar semua pihak dapat terlayani.

Print Friendly, PDF & Email

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *