Sosialisasi Pengembangan Tata Guna Air dan Pengenalan Komisi Irigasi Sumatera Selatan

Palembang - Untuk mendukung program Pengembangan Tata Guna Air pada hari Senin, 10 Desember 2018 bertempat di Hotel Santika Radial Palembang, Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII melalui Bidang Operasi dan Pemeliharaan mengadakan kegiatan Sosialisasi Pengembangan Tata Guna Air (PTGA) diikuti dengan Pembentukan Komisi Irigasi untuk Tahun Anggaran 2018.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BBWS Sumatera VIII Bpk. Ir. Suparji, S.ST, MT, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumsel, Dinas-dinas PUPR di Provinsi Sumsel, Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumsel, serta Bappeda,Dinas PUPR, Dinas Pertanian, Badan Lingkungan Hidup dari Kabupaten/kota di provinsi sumatera selatan. sebagai Narasumber hadir Bpk. Nico Darusman dan Bpk. hardi Prijono dari Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan Direktorat Jenderal SDA.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam acara sosialisasi ini antara lain pemaparan, diskusi, dan tanya jawab berkaitan dengan kebijakan One Single Management, Penjelasan mengenai PTGA dan Kebijakan Satu Peta/One Map Policy dilanjutkan dengan petunjuk teknis PTGA, lingkup dan materi pengembangan PTGA, pengenalan dan pembentukan komisi irigasi dan ditutup dengan perumusan hasil sosialisasi PTGA Provinsi Sumsel Tahun 2018.

Dalam Sambutannya Bpk. Suparji menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan kesempatan yang baik dalam upaya  menyelesaikan permasalahan, isu-isu strategis mengenai pengelolaan irigasi serta meningkatkan pemahaman mengenai pengembangan tata guna air dimana pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi bertujuan untuk mewujudkan kemanfaatan air dalam bidang pertanian, yang diselenggarakan secara partisipatif, terpadu, dan berwawasan lingkungan, transparan, akuntabel, dan berkeadilan dengan mengutamakan peran masyarakat maupun perkumpulan petani pemakai air.

Seperti yang telah diketahui bahwa Kementerian PUPR memiliki Program Pengembangan Tata Guna Air atau disingkat dengan PTGA yang bertujuan untuk meningkatkan tata kelola air di jaringan irigasi dalam satu kesatuan sistem dan jaringan utama sampai jaringan tersier secara nasional.

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *