Menggerakkan Masyarakat Menanam Pohon untuk Menyelamatkan Lahan dan Air

Palembang - Bertempat di Venue Dayung Jakabaring Sport City pada hari selasa tanggal 17 Desember 2018 diadakan kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia. Kegiatan ini dikoordinasi oleh Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII (BBWS Sumatera VIII), dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan Bpk. H. Herman Deru, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air yang diwakili oleh Direktur Irigasi dan Rawa, Bpk. Mazid, ST,Sp1, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yaitu Panglima Komando Daerah Militer/Kodam II Sriwijaya yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Ideologi Bpk. Kol. Inf. Solapide Dolok Saribu, S.Sos dan Kepala Polisi Daerah Sumatera Selatan (Kapolda Sumsel) yang diwakili oleh Wakapolda yaitu Brigjen Polisi Denni Gapril.

Turut hadir pula dalam acara ini yaitu Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Palembang, Satker-satker bidang Cipta Karya dan Perumahan Rakyat provinsi Sumetera Selatan, Dinas-dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Kota Palembang serta Lembaga Swadaya Masyarakat bidang Sungai dan Lingkungan Hidup, Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Sumatera Selatan, pihak universitas dan lembaga pendidikan. turut memeriahkan acara juga adalah Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Selatan dan Tim Penggerak PKK BBWS Sumatera 8 bersama ibu-ibu anggota paguyuban istri pegawai BBWS Sumatera VIII.

Dalam laporannya sebagai Ketua Panitia Kegiatan, Kepala BBWS Sumatera 8 Bpk. Ir. Suparji, SST, MT menyampaikan bahwa tema peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) pada tahun ini adalah Menanam Pohon untuk Penyelamatan Lahan dan Konservasi Air. Tujuan dari penyelenggaraannya adalah untuk meningkatkan produktifitas alam, meningkatkan kelestarian lingkungan, mengurangi laju deforestasi hutan dan lahan serta mengembalikan keseimbangan danau, situ dan embung serta sumber-sumber air lainnya. jumlah pohon yang ditanam pada acara kali ini sebanyak 500 (limaratus) batang yang terdiri dari tanaman keras seperti ketapang kencana dan matoa serta tanaman buah seperti Jambu Air, sawo manila, jambu bol jamaica dan sebagainya.

Bpk. Suparji juga menyampaikan bahwa selain di Kota Palembang, kegiatan penanaman pohon ini juga akan dilakukan di wilayah-wilayah kritis serta proyek-proyek strategis BBWS SUmatera 8 seperti di lokasi Pembangunan Bendungan Tiga Dihaji di Oku Selatan.

Dalam acara ini, Direktur Irigasi dan Rawa Direktorat Jenderal Sumber Daya Air menyampaikan sambutan dari Menteri PUPR. Dalam sambutannya menteri PUPR menyampikan bahwa pada saat ini Indonesia sedang diuji dengan banyaknya bencana yang diakibatkan oleh air seperti banjir, kekeringan dan tanah longsor. Bencana-bencana tersebut diakibatkan lebih banyak oleh ulah manusia yang mengakibatkan penyempitan badan air, berkurangnya daya resap tanah terhadap air dan pendangkalan sungai. Akibatnya adalah bencana yang mengakibatkan kerugian materiil dan non materiil yang jumlahnya tidak sedikit.

Kegiatan ini ditujukan agar masyarakat dapat menanam pohon agar fungsi lahan dan penyerapan air dapat dikembalikan seperti semula sehingga bencana akibat air dapat dikurangi. Kegiatan ini juga dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dengan didukung oleh akademisi, unsur masyarakat dan dunia usaha.

Gubernur Sumatera Selatan Bpk. H. Herman Deru dalam kegiatan ini bertindak membuka acara. Dalam Sambutannya Bpk. Herman Deru menyampaikan bahwa beliau sangat mendukung kegiatan penanaman pohon yang diadakan oleh BBWS Sumatera VIII. beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini harus digalakkan di setiap lingkungan oleh masyarakat dikarenakan pohon sangat bermanfaat untuk menjaga sumber air di Provinsi Sumatera Selatan yang umumnya rawa-rawa.

Kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden No. 24 Tahun 2018. Tanggal 28 November ditetapkan sebagai HMPI dan bulan Desember ditetapkan sebagai Bulan Menanam Nasional. Tujuannya gerakan ini adalah untuk memulihkan kerusakan hutan dan lahan melalui kegiatan menanam pohon secara massal oleh masyarakat luas. untuk di tingkat nasional Kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia ini dipusatkan di Waduk Jatigede Sumedang, Jawa Barat.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *