Peningkatan Kinerja Melalui Pengelolaan Kearsiapan dan Pengaplikasian TNDE

Palembang - Dengan arsip yang terkelola dengan baik serta penggunaan teknologi tata persuratan atau TNDE (Tata Naskah Dinas Elektronik) diharapkan akan terjadi efisiensi dan efektifitas kerja dari setiap pegawai Direktorat Jenderal Sumberdaya Air (Ditjen SDA) Kementerian PUPR. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Sumberdaya Air yang diwakili oleh ibu Titi Kartikasari SH, MKn (Kepala Bagian Keuangan dan Umum Sesditjen SDA) dalam acara Bimbingan teknis Pengelolaan Kearsipan dan Pelaksanaan TNDE di Dirjen Sumberdaya Air.

 

Acara yang juga dihadiri oleh Kepala Bagian Tata Usaha BBWS Sumatera VIII sebagai wakil dari Kepala Balai diikuti sebanyak 70 (tujuhpuluh) orang peserta yang berasal dari bagian ketatalaksanaan BBWS/BWS dan Unit Kerja di Ditjen SDA yang menjabat sebagai arsiparis ataupun petugas/admin TNDE. Seperti dijelaksan oleh Ketua Penyelenggara Bpk. Agung Sugiharto, SE (Kepala Subbagian Umum Sesditjen SDA) dimana kegiatan Bimtek Pengelolaan Kearsipan dan Pelaksanaan TNDE di Palembang merupakan angkatan pertama dari 3 (tiga) angkatan yang direncanakan. Tujuan dari kegiatan adalah sebagai evaluasi pelaksanaan kearsipan dan TNDE di Unit Kerja di Ditjen SDA serta sebagai media komunikasi dan koordinasi Kearsipan di Unit Kerja Ditjen SDA. sebagai narasumber akan dihadirkan jafung Arsiparis dari Biro Umum yang kompeten serta Pengelola TNDE yang juga kompeten yang berasal dari Biro Umum Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR.

 

Bapak Ir. Mahipal, MM sebagai wakil dari Ka. BBWS Sumatera VIII dalam sambutannya menyampaikan bahwa BBWS Sumatera VIII memiliki wilayah kerja Provinsi Sumatera Selatan, Bangka Belitung, sebagian wilayah Lampung dan Bengkulu. Diharapkan dengan adanya acara ini, para peserta dapat menikmati suasana kota palembang baik dari wisatanya yang umumnya wisata air seperti jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Benteng Kuto Besak ataupun yang terbaru Alquran Al Akbar yang terletak di Kecamatan Gandus dan wisata kuliner seperti pempek, model, tekwan, dan sebagainya.

 

Penyelenggaraan Arsiparis di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat adalah sebagai perwujudan amanah Undang-Undang tentang Kearsipan, dan juga Peraturan Menteri (Permen) PUPR No. 23 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Arsip Dinamis di Kementerian PUPR maka perlu diadakan peningkatan kualitas dan kuantitas arsiparis yang mengelola arsip-arsip di Ditjen SDA Kementerian PUPR hal ini dilatarbelakangi oleh besarnya anggaran yang dikelola oleh Kementerian PUPR yang harus dipertanggungjawabkan secara fisik, keuangan dan arsip-arsipnya. Sedangkan untuk TNDE sendiri pelaksanaannya diatur dalam  Permen 7 tahun 2016 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas Kementerian PUPR dimana TNDE merupakan perwujudan dari Tata Naskah Dinas non Elektronik dan digunakan oleh seluruh Pejabat dan Pegawai di Kementerian PUPR.

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *