Resolusi Konflik D.I. Kelingi Tugumulyo

Palembang - Pada hari Selasa, 7 Meil 2019 bertempat di Ruang Rapat BBWS Sumatera VIII dilaksanakan rapat koordinasi penyelesaian masalah pemanfaatan D.I. Kelingi Tugu Mulyo yang areanya berada di dua wilayah yaitu Kabupaten Musi Rawas sebagai daerah hilir dan kota Lubuklinggau sebagai daerah hulunya.

Rapat ini dimoderasi oleh Direktur Irigasi dan Rawa Dirjen SDA Bapak Ir. Muh. Mazid, ST, Sp.1. ikut hadir dalam acara ini antara lain Kepala BBWS Sumatera VIII sebagai pengelola D.I. Kelingi Tugumulyo, Kolonel Arh. Sonny Setiono, SE (Komandan Rayon Militer 044/Garuda Dempo), Kompol Rahmad Sihotang (Kepolisian Daerah Sumsel), Saiful A. Ibnu (Asisten II Sekretaris Daerah Musi Rawas) dan para pajabat perwakilan dari instansi terkait (Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas PU) dari kedua wilayah tersebut.

Permasalahan pemanfaatan DI Kelingi Tugumulyo timbul akibat konflik antara petani sawah dibagian hilir yang tidak mendapatkan air karena dibagian hulunya air irigasi dimanfaatkan untuk budidaya ikan air deras. Dari kejadian ini timbul berbagai konflik seperti konflik teknis, sosial, lingkungan maupun administrasi.

Permasalahan-permasalahan tersebut berdasarkan rapat akan diselesaikan melalui tindakan-tindakan nyata seperti sosialisasi dari pihak BBWS Sumatera VIII maupun pemerintah daerah, koordinasi bersama antara BBWS Sumatera VIII dan Dinas  misalnya dalam pembuatan peraturan peraturan terkait pemanfaatan D.I Kelingi Tugumulyo, serta koordinasi dengan pihak keamanan terkait agar dapat mencegah meluasnya konflik.

Download BERITA ACARA KESEPAKATAN disini

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *