Kunjungan dan Koordinasi Dewan SDA Nasional ke Sumatera Selatan

Palembang - Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII (BBWS Sumatera VIII) mendapat kunjungan dari tamu istimewa yang berasal dari Dewan Sumberdaya Air Nasional (Dewan SDA), kunjungan yang berlangsung dari tanggal 18 sampai 19 September 2019 tersebut terkait dengan pelaksanaan agenda kerja Dewan SDA tahun 2019 tentang Pengelolaan Lahan Basah/Rawa/Gambut  untuk kegiatan Konservasi dan Pendayagunaan SDA. dalam kegiatan ini terdapat 2 (dua) kegiatan yang dilaksanakan yaitu kunjungan lapangan ke Daerah Irigasi Rawa di Provinsi Sumatera Selatan yang dikelola oleh BBWS Sumatera VIII yaitu Daerah Rawa Telang II dan Daerah Rawa Ogan Keramasa, kegiatan lainnya yang dilakukan oleh Dewan SDA Nasional adalah Rapat Koordinasi dan Pembahasan Permasalahan Pengelolaan Lahan Basah/Rawa/Gambut untuk Konservasi dan Pendayagunaan SDA.

Jumlah anggota dewan SDA yang hadir adalah sebanyak 35 (tigapuluh lima) orang berasal dari Kemenko Perekonomian, Kemenko Kemaritiman, Bappenas, Kementerian PUPR serta lintas Kementerian/Lembaga, selain itu dari kelompok masyarakat seperti Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan sebagainya. untuk kegiatan rapat koordinasi turut hadir pula Dr. Irwan Nusyirwan Diar, Dipl. HE dan Dr. Ir. Purba Robert M. Sianipar, Msc EE yang bertindak sebagai narasumber.

Berdasarkan hasil dari kunjungan lapangan dan diskusi dalam Rapat Koordinasi Teknis terdapat 3 topik utama yang akan dibahas yaitu alih fungsi dari lahan pertanian padi/palawija menjadi lahan untuk komoditas perkebunan seperti sawit dan sebagainya serta bagaimana penerapannya di daerah rawa Sumatera Selatan, topik kedua yaitu  upaya/inovasi yang harus dilakukan untuk mendayagunaan lahan rawa sehingga dapat menunjang kehidupan petani terutama pengembangan kemitraan antara petani dengan perusahaan pemasaran hasil pertanian. Hal ini didapat dari kunjungan Dewan SDA ke Daerah Rawa Ogan Keramasan yang sebagian besar dikelola oleh perusahaan swasta. Topik terakhir adalah mengintensifkan koordinasi antara Kementerian PUPR dengan Kementerian Pertanian terutama dalam program-program pengelolaan rawa karena kegiatan pengelolaan rawa oleh kementerian pertanian seperti program Serasi (Selamatkan Rawa Selamatkan Petani) tidak sesuai dengan program pengembangan rawa yang dilakukan oleh Kementerian PUPR.

Dewan SDA adalah Tim Koordinasi Pengelolaan Sumberdaya Air (TKPSDA) di tingkat  Nasional yang bertugas membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan nasional sumber daya air dan berbagai perangkat kebijakan lain yang diperlukan dalam bidang sumberdaya air sedangkan fungsinya adalah untuk melakukan konsultasi internal maupun eksternal dengan semua pihak baik pemerintah maupun non-pemerintah dalam rangka keterpaduan kebijakan dan pencegahan konflik antar sector dan antar wilayah dalam pengelolan sumber daya air.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *