Koordinasi Persiapan Penyusunan Laporan BMN Tahun 2019

Palembang, Rabu, 20 November 2019 – Bagian Penatausahaan Barang Milik Negara Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementeriaan PUPR menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Penyusunan Laporan Barang Milik Negara TA. 2019. Kegiatan yang bertempat di The Alts Hotel Palembang ini diikuti 45 Satuan Kerja Ditjen SDA yang dihadiri kurang lebih 65 peserta. Kegiatan yang dihadiri Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal SDA yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII, Kepala Bagian Penatausahaan BMN dan Fasilitas Lahan Setditjen SDA, Kepala Sub Bagian Penatausahaan BMN Wilayah II Setditjen SDA dan Kepala Bagian Tata Usaha BBWS Sumatera VIII beserta pejabat lain dan para narasumber dan peserta kegiatan.

Penyelenggaraan kegiatan ini mempunyai beberapa agenda yang antara lain:
1. Menginventarisir Kodefikasi Aset yang tercatat dalam 1 (satu) NUP Gabungan yang menjadi sampel Satker PIPK pada Satuan Kerja di Ditjen SDA.
2. Penyelesaian Aset Tetap Renovasi (ATR) yang telah selesai untuk diserahkan dan dikapitalisasi kedalam Nilai Aset Tetap.
3. Penyelesaian Aset Tak Berwujud (ATB) yang tidak sesuai ketentuan (tidak teridentifikasi dan masih dikuasai satker lain).
4. Penyelesaian pencatatan pada Konstruksi Dalam Pekerjaan (KDP) yang telah selesai untuk dikapitalisasi kedama Nilai Aset Tetap.
5. BMN dalam kondisi rusak berat yang belum dihentikan penggunaanya dan dilakukan proses penghapusan.

Agenda kegiatan Persiapan Penyusunan Laporan Barang Milik Negara yang merupakan bentuk tanggung jawab pelaksanaan APBN, melalui Penatausahaan Barang Milik Negara yang berada dalam penguasaanya. Oleh karena itu, Laporan Barang Milik Negara harus disampaikan secara lengkap, akurat dan tepat waktu, serta memenuhi kriteria-kriteria yang sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan No.181/PMK.06/2016 tentang Penatausahaan Barang Milik Negara dan Mengacu Pada Standar Akuntansi Pemerintah Yang Telah Ditetapkan.

SISDA BBWS Sumatera VIII

Print Friendly, PDF & Email

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *