Menanam Pohon untuk Masa Depan

Palembang – Banyaknya manfaat dari menanam pohon diantaranya untuk konservasi air dan mengurangi resiko bencana seperti banjir dan longsor menjadikan kegiatan Hari Menanam Pohon Sedunia di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII menjadi hari yang istimewa. Hal ini disampaikan oleh Kepala BBWS Sumatera VIII Ir. Birendrajana MT dalam kegiatan yang diselenggarakan pada hari Selasa kemarin (10/12/2019) bertempat di Venue Ski Air Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Dalam kegiatan ini, pihak BBWS Sumatera VIII melakukan penanaman pohon di Komplek JSC bersama-sama dengan para mitra kerja yang berasal dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V Palembang, Balai Pengelola DAerah Aliran Sungai (BPDAS) Musi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan, Dinas PUTR Kota Palembang, Kelompok Gerakan Nasional Komunitas Pencinta Air (GN-KPA) Provinsi Sumatera Selatan, Akademisi dan generasi muda yang diwakili oleh para mahasiswa.

Total pohon yang ditanam pada kegiatan ini sebanyak 200 (dua ratus) batang pohon yang terdiri dari tanaman berbatang keras seperti mahoni, ketapang kencana, pulai dan juga tanaman buah buahan seperti mangga dan jambu air. secara simbolik, Kepala BBWS Sumatera VIII menyerahkan bibit pohon kepada para mitra kerja untuk ditanamam atau dilakukan kegiatan serupa di tempat lain.

Dalam sambutannya, Bpk. Ir. Birendrajana MT menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan pula sebagai edukasi kepada generasi muda khususnya civitas akademika bahwa menanam pohon manfaatnya tidak hanya didapat pada pada saat ini tetapi untuk di masa depan juga, harapannya adalah masyarakat dapat mengikuti kegiatan ini dengan menanam pohon di tempat masing-masing.

Print Friendly, PDF & Email

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *