Uji Coba Operasionalisasi Pompa Bendung

Palembang - Hari senin tanggal 30 Desember 2019 menjadi saat yang menggembirakan bagi Kota Palembang karena sebelum tutup tahun 2019 ini pihak Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII (BBWS Sumatera VIII) mengadakan uji coba operasionalisasi (Commisioning) Pompa Pengendali Banjir Sub DAS Bendung yang berlokasi di Muara Sungai Musi Jalan Ali Gatmir Kelurahan 10 Ilir Kota Palembang.

Commisioning ini dihadiri oleh Walikota Palembang H. Harnojoyo didampingi Kepala SKPD terkait seperti Sekretaris Daerah Bpk. Ratu Dewa, Kepala Dinas PUTR Bpk. A. Bastari Yusak, MT., Kepala Bappeda Bpk. Harrey Hadi, MT., Sedangkan BBWSS VIII diwakili oleh Kepala BBWSS VIII Bpk. Ir. Birendrajana, MT didampingi oleh Kepala Bidang Perencanaan Umum dan Program Bpk. Agus Safari, MT dan Kepala Bidang Pendayagunaan Jaringan Pemanfaatan Air Bpk. Ir. Samadi, MT beserta Para Kasatker dan PPK.

Dalam Laporannya, Kepala BBWS Sumatera VIII menyampaikan bahwa Pompa Pengendali Banjir Sub DAS Bendung ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementerian PUPR untuk mengurangi banjir yang ada di Kota Palembang. Pompa Pengendali Banjir sendiri adalah satu sistem yang disiapkan berupa Kolam Retensi dengan luas kurang lebih 1 Ha, Pintu Pengatur Tinggi Air, Rumah Pompa sebanyak 6 unit pompa dan genset untuk menghidupkan pompa serta pembersih sampah yang masuk ke dalam kolam retensi. Pihak BBWS VIII akan bertanggung jawab dalam operasional Pompa, Genset serta pintu pengatur air kedepannya BBWS Sumatera VIII membutuhkan dukungan pihak Pemerintah Kota Palembang dalam pembersihan sampah yang masuk ke dalam kolam seta dalam penataan kawasan di sekitar kolam retensi.

Walikota Harnojoyo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pihak BBWS Sumatera VIII beserta jajarannya serta pihak kontraktor dan konsultan supervisi. Selain itu Bpk. Harnojoyo juga mengharapkan kerjasama yang baik antara pihak Pusat dan Kota Palembang dalam upaya mengurangi genangan banjir di kota Palembang seperti Restorasi Sekanak Lambidaro yang telah mendapatkan persetujuan dari Menteri PUPR yang kedepannya juga disiapkan seperti Sungai Bendung dengan Kolam Retensi yang lebih besar. Dalam kesempatan ini pula Bpk. Harnojoyo meminta juga peran serta masyarakat untuk menjaga sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai karena dapat menimbulkan sumbatan di aliran sungai sehingga dapat mengakibatkan banjir.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *