Pengadaan Tanah untuk Perluasan Bendung Tiga Dihaji

Muaradua - Bertempat di Balai Kecamatan Tiga Dihaji, Kota Muaradua Kab. OKU Selatan, pada hari Kamis, 19 Juni 2020 Kepala BBWS Sumatera VIII beserta stafnya melakukan sosialisasi untuk warga Desa Suka Bumi dan Desa Perejan, Desa Selabung, Desa Belimbing Jaya, Desa Mekakau Ilir Kecamatan Tiga Dihaji Kabupaten OKU Selatan. Sosialisasi ini terkait dengan pengadaan tanah yang dibutuhkan untuk perluasan pembangunan Bendungan Tiga Dihaji.Turut hadir pula dalam acara sosialisasi ini antara lain Bupati OKU Selatan Bpk. Popo Ali M.Comm.Bus Para Anggota Tim Sembilan serta masyarakat yang terdampak pembangunan.

Acara ini dibuka oleh Bapak Bupati OKU Selatan yang mengajak masyarakat untuk mendukung kegiatan pembangunan bendungan ini dilanjutkan dengan penjelasan sosialisasi pengadaan tanah untuk perluasan Bendungan Tiga Dihaji oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungaip Sumatera VIII Bpk. Ir. Birendrajana, MT, sesi tanya jawab pengadaan tanah untuk perluasan tiga dihaji oleh Kepala BPN Kab. OKU Selatan Bpk. Fauzimar, A.Ptnh, MH.

Setelah melakukan sosialisasi, Kepala Balai melanjutkan kunjungannya dengan melakukan monitoring progress pembangunan Bendungan Tiga Dihaji di lokasi pembangunan yaitu Desa Sukabumi Kec. Tiga Dihaji. dalam kunjungannya kali ini, beliau didampingi oleh Kepala SNVT Pembangunan Bendungan Bpk. Ali Cahyadi, MT, Jafung Ahli Muda Hidrologi Ibu Devi Popilia, MT, serta PPK Perencanaan Bendungan dan Pengadaan Tanah.

Bendungan Tiga Dihaji adalah bendungan Multi Purpose yang dibangun di Kab. OKU Selatan Prov. Sumatera Selatan untuk mengairi lahan Irigasi baru seluas 15.000 Ha, menghasilkan sumber energi listrik/PLTA ± 45 MW, untuk budidaya perikanan, Air Baku, tempat Wisata dan dampak positif lainnya.Bendungan ini memiliki Catchment Area seluas 1.156 Km2 dengan tampungan efektif sebesar 64,6 Juta M3 dan luas Genangan sebesar 468 Ha. Bangunan utamanya bertipe zonal dengan inti lempung dan urugan batu, memiliki tinggi dari dasar galian 121 M dengan panjang puncak bendung 923 m dan lebar 15 m.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *