Peringatan Sederhana HAD XXVIII di BBWS Sumatera VIII

Palembang – Peringatan Hari Air Dunia ke XXVIII yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2020 di BBWS Sumatera VIII diperingati secara sederhana, hal ini dimasudkan untuk mengantisipasi menyebarnya pandemi Virus COVID 19 di Indonesia khususnya di Kota Palembang. Ir. Birendrajana sebagai Kepala BBWS Sumatera VIII selalu memberikan arahan kepada bawahannya yang ikut dalam kegiatan agar selalu berhati-hati dan mengantisipasi agar pagawai tidak terkena dampak dari virus ini.

Peringatan HAD di BBWS Sumatera VIII sendiri diperingati dengan 3 (tiga) kegiatan utama yaitu Pembuatan Lubang Biopori yang dilaksanakan hari Kamis tanggal 19 Maret 2020, kegiatan Penanaman Pohon dan Panen Air Hujan hari Jumat tanggal 20 Maret 2020. Penanaman Pohon dimaksudkan sebagai selain sebagai penyejuk dan peneduh, pohon-pohon yang ditanam dapat berfungsi untuk mengikat air hujan sehingga cadangan air akan semakin berlimpah. Panen Air Hujan (PAH) adalah sistem konservasi air tanah melalui penampungan dan pemanfaatan air hujan untuk pemenuhan kebutuhan air untuk sanitasi. Sistem ini memiliki banyak manfaat, diantaranya mengurangi penggunaan air tanah dan mengurangi emisi sehingga mengurangi dampak perubahan iklim dan pemanasan global. Kegiatan ini masuk sebagai salah satu program dalam masjid ramah lingkungan atau ecoMasjid. Dalam bidang ekonomi, kegiatan ini masuk dalam ranah Green economy atau ekonomi hijau yaitu suatu kegiatan mendapatkan manfaat ekonomi atas suatu bentuk usaha, proses kegiatan ekonomi yang memberikan dampak positif pada lingkungan hidup.

Sistem PAH merupakan cara mengalirkan air hujan dari talang melalui sistim penyaringan ke tangki penampung dimana luberan air nya diresapkan tanah atau dimasukan melalui sumur resapan untuk isi ulang ke dalam akuifer sumber air tanah.

Print Friendly, PDF & Email

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *