Demi Meningkatkan Pemahaman Administrasi Pengelolaan Keuangan Negara, Kementerian PUPR Ditjen SDA Melaksanakan Kegiatan Pembekalan Pejabat Perbendaharaan di Banjarmasin

previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
previous arrownext arrow
Slider

Banjarmasin, Senin 09 sd 11 September 209. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air menyelenggarakan Kegiatan Pembekalan Pengelolaan Keuangan Bagi Pejabat Perbendaharaan (Bendahara dan Pejabat Penandatangan SPM).

Acara berlangsung di Golden Tulip Galaxy Hotel Banjarmasin, pada acara pembukaan diawali dengan laporan dari ketua panitia, sambutan Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II Bapak Dwi Purwantoro, ST., MT sebagai tuan rumah dan acara dibuka secara langsung oleh Sekretaris Ditjen SDA Bapak Muhammad Arsyadi, ME. Pada sambutannya beliau menyampaikan “Reformasi Keuangan Negara adalah bagaimana keseluruhan kegiatan pejabat pengelola keuangan negara (Kasatker, PPK, Bendahara dan PPSPM) sesuai dengan kedudukan dan kewenangannya, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pertanggungjawaban. Hal ini dimaksudkan agar keuangan Negara berdasarkan beban APBN merupakan salah satu unsur penting dalam rangka penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan masyarakat yang harus dikelola dengan baik dan benar. maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memberikan penyegaran terhadap para Bendahara dan Pejabat Penandatangan SPM di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dalam rangka Pengelolaan Keuangan Negara, khususnya perhatian terhadap perubahan peraturan-peraturan yang diterbitkan oleh Kementerian/Lembaga terkait sebagai landasan hukum dalam pelaksanaan anggaran dan memperjelas tugas dan tanggung jawab sebagai Pejabat Perbendaharaan. Sehingga dalam melaksanakan pengelolaan keuangan Negara tidak lagi ditemukan audit yang berulang”.

Kegiatan dilaksanakan selama  selama 3 (tiga) hari, pada pertama dilaksanakan pembukaan  dan dilanjutkan di hari kedua dan ketiga dilaksanakan pembekalan tentang peraturan-peraturan  pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2019 yang disampaikan oleh narasumber dari Biro Keuangan Kementerian PUPR, Direktorat Pelaksanaan Anggaran dan Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Kementerian Keuangan. Selain pembekalan tentang peraturan-peraturan terkait Pengelolaan Keuangan Negara, peserta juga diberikan pembekalan pengendalian intern atas pengelolaan Keuangan pada Satuan Kerja oleh Inspektorat Jenderal Kementerian PUPR.

Peserta yang diundang dalam kegiatan tersebut berasal dari seluruh Balai Besar/Balai Wilayah Sungai, SNVT, Satuan Kerja Pusat Ditjen SDA khususnya untuk Wilayah Timur. Kegiatan tersebut mendapatkan sambutan antusias dari para peserta, karena mereka mengharapkan mendapatkan pengetahuan terkait perubahan peraturan-peraturan serta prosedur pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Negara.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram