RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PELAKSANAAN PLUGGING DAN PEMASANGAN HIDROMEKANIKAL

previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
previous arrownext arrow
Slider

Rabu, 12 Februari 2020. Balai Wilayah Sungai Kalimantan II telah melakukan percepatan penyelesaian pembangunan Bendungan Tapin yang saat ini pembangunannya sudah sudah mencapai 95%, ditargetkan akhir tahun 2020 pekerjaan fisik sudah mencapai 100%. Dalam hal ini BWS Kalimantan II terus melakukan koordinasi khususnya dengan kontraktor pelaksana pekerjaan fisik dan konsultan supervisi pembangunan Bendungan Tapin.
Bendungan Tapin yang terletak di Desa Pipitak Jaya, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pembangunan Bendungan tersebut dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melalui BWS Kalimantan II dengan meggunakan dana APBN dengan total anggaran Rp 983 milyar
Selain dapat mengairi persawahan seluas 5.472 hektar, Bendungan Tapin juga memberikan manfaat untuk dapat mereduksi banjir di kawasan Kabupaten Tapin hingga 107 m3.
Progres pekerjaan pembangunan Bendungan tersebut tersisa 5% meliputi pekerjaan hantar, jalan dan jembatan relokasi, serta pekerjaan plugging dan pemasangan hidromekanikal.
Untuk memastikan pekerjaan sesuai dengan pelaksanaannya dan tepat waktu, hari ini (12/02/2020) BWS Kalimantan II kembali berkoordinasi dengan kontraktor pelaksana pekerjaan fisik dan konsultan supervisi. Khususnya untuk pekerjaan plugging dan pemasangan hidromekanikal pada terowongan pengelak yang harus menunggu datangnya musim kemarau untuk mengantisipasi debit Sungai Tapin tidak terlalu tinggi.
Pekerjaan tersebut dilaksanakan di bulan Juli 2020 yang akan diawali penutupan pintu inlet terowongan pengelak dan ditargetkan selesai pada bulan Desember tahun ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram