PELAKSANAAN SMM (SATUAN KERJA/SNVT PJSA WS BARITO PROV. KALSEL)

SISTEM MANAJEMEN MUTU (SMM) BALAI WILAYAH SUNGAI KALIMANTAN II TAHUN ANGGARAN 2018

Dalam rangka mewujudkan tatakelola pemerintahan yang baik dan memudahkan Unit Kerja/Satuan Kerja/Unit Pelaksanaan kegiatan serta penyedia barang/jasa dalam melaksanakan tugas di bidang Pekerjaan Umum agar terciptanya kinerja yang direncanakan secara akuntabel, efisien dan efektif dilingkungan Balai Wilayah Sungai Kalimantan II diperlukan Sistem Managemen Mutu, sesuai dengan tugas dan fungsinya wajib memahami dan menerapkan Sistim Managemen Mutu.

Dalam rangka menerapkan Sistem Managemen Mutu untuk Balai Wilayah Sungai Kalimantan II membentuk Tim Pengelola Sistem Managemen Mutu (SMM) Balai Wilayah Sungai Kalimantan II Tahun Anggaran 2018 adapun yang telah dilakukan Tim Pengelola Sistem Managemen Mutu pada :

 

SATUAN KERJA/SNVT PELAKSANA JARINGAN SUMBER DAYA AIR BALAI WILAYAH SUNGAI KALIMANTAN II :

Latar Belakang/Umum

SNVT Pelaksana Jaringan Sumber Daya Air BWS Kalimantan II adalah unit pelaksana teknis dibidang Sumber Daya Air khususnya Pembangunan Embung Kebun Raya Kota Banjar baru yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Balai Wilayah Sungai Kalimantan II (sebagai atasan langsung) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang mempunyai tugas menyelanggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan dibidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pada tahun anggaran 2018 SNVT Pelaksana Jaringan Sumber Air Balai Wilayah Sungai Kalimantan II mendapatkan tugas melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah ditetapkan pada daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) Nomor : SP DIPA-033.06.1.498216/2018 tanggal 5 Desember 2017 tahun anggaran 2018 terdiri dari 8 (delapan) paket kegiatan kontraktual yaitu 4 (empat) buah kegiatan

kontraktual dan 4 (empat) buah kegiatan Konsultan supervisi dan kegiatan swakelola Kegiatan penanaman pohon dan Layanan Internal (Adminstrasi Perkantoran).

Dalam rangka menjamin produk yang direncanakan dapat terealisasi sesuai persyaratan yang telah ditetapkan, SNVT Pelaksana Jaringan Sumber Daya Air BWS Kalimantan II menyusun Rencana Mutu Pelaksanaan (RMP). RMP ini mencakup seluruh yang dipersyaratkan yang ditetapkan dalam Sistem Managemen Mutu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No : 04/PRT/M/2009 dan harus dipahami dan disosialisasikan kepada seluruh jajaran terkait.

Pembangunan di bidang Sumber Daya Air pada hakekatnya adalah upaya untuk memberikan akses kepada seluruh masyarakat untuk mendapatkan air agar mampu berkehidupan secara sehat dan produktif serta pengendalian daya rusak air agar tercipta kehidupan masyarakat yang aman. Sering munculnya permasalahan air, seperti banjir, kekeringan, kuantitas dan kualitas air yang cenderung menurun telah mendorong dan meningkatkan kepedulian untuk memamfaatkan dan melestarikan Sumber Daya Air secara berkelanjutan.

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dalam menentukan arah kebijakan pengembangan dan pengelolaan sumber daya air pada tahun 2018 telah dilaksanakan sesuai dengan amanat UU Nomor II tahun 1974 tentang Pengairan, Dan untuk mendukung hal tersebut Balai Wilayah Sungai Kalimantan II melaksanakan Visi Ditjen Sumber Daya Air Yaitu :

“Terwujudnya Kemamfaatan Sumber Daya Air Yang Berkelanjutan Untuk Sebesar-Besar Kemakmuran Rakyat”

 TIM PENGELOLA SISTEM MANAGEMEN MUTU (SMM)

Dengan terbentuk Tim Pengelola Sistem Managemen Mutu (SMM) Balai Wilayah Sungai Kalimantan II Tahun Anggaran 2018 adapun yang telah dilakukan Tim Pengelola Sistem Managemen Mutu, rincian tugas, tanggungjawab, dan wewenang adalah sebagai berikut :

  1. Penjamin Mutu :
  2. Penjamin mutu terdiri dari Wakil Manajemen dan Pengendali Dokumen
  3. Tugas, tanggungjawab, dan wewenang Wakil Manajemen ;
  4. Melakukan sosialisasi SMM
  5. Memastikan bahwa proses SMM teah diterapkan, didokumentasikan, diterapkan, dimonitor, dievaluasi dan dikaji ulang sesuai prosedur.
  6. Melaporkan kinerja peningkatan SMM kepada Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II
  7. Memastikan bahwa kesadaran mutu dan penerapan SMM dilingkungan BWS Kalimantan II dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai prosedur.
  8. Bersama Tim Auditor menyusun program audit internal SMM
  9. Menetapkan kebutuhan sumber daya air untuk merencanakan, menerapkan, menjaga dan mengembangkan.

 

  1. Tugas tanggungjawab dan wewenang Pengendalian Dokumen :

 

  1. Memastikan bahwa sebelum dokumen SMM diterbitkan harus telah disahkan oleh pejabat berwenang.
  2. Memastikan identitas perubahan dan status dokumen SMM
  3. Mengelola penyimpanan dan pemeliharaan dokumen SMM
  4. Mengelola penyimpanan dan pemeliharaan bukti kerja/rekaman yang terkait dengan pengendalian SMM
  5. Menjamin pendistribusian dokumen SMM yang absah kepada puhak terkait atas persetujuan yang berwenang.

 

  1. PENGELOLAAN AUDIT INTERNAL
  2. Pengelola audit internal SMM terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, dan auditor.
  3. Tugas, tanggungjawab, dan wewenang Pengelolaan Audit Internal :
  4. Bersama wakil managemen menyusun program audite internal
  5. Melaksanakan Audit internal SMM
  6. Melaporkan audit internal SMM kepada Kepala BWS Kalimantan II melalui wakil managemen
  7. Bersama Auditor mengevaluasi efektivitas pelaksanaan audit internal SMM
  8. Mengusulkan kebutuhan peningkatan kompetensi Auditor.

PEMBANGUNAN EMBUNG KEBUN RAYA KOTA BANJAR BARU

Latar Belakang :

Rencana Mutu Kontrak (RMK) berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 04/PRT/M/2009 tentang Sistim Managemen Mutu (SMM) dimana dapat digunakan kontraktor dan Pengguna Jasa untuk menjamin agar spesifikasi teknik Kontrak Pekerjaan Pembangunan Embung Kebun Raya kota Banjar Baru, Kontrak kerja sama antara Pejabat Pembuat Komitmen Sungai Pantai II dan SNVT Pelaksana Jaringan Sumber Daya Air Kalimantan II, Provinsi Kalimantan Selatan dengan Penyedia Jasa PT. Bukitdalam Barisani.

Maksud dan Tujuan Pekerjaan : Menetapkan lingkup rencana mutu kontrak yang bertujuan untuk pengendalian proses pelaksanaan pekerjaan kontrak Pembangunan Embung Kebun Raya di Kabupaten Banjar Baru, sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan yang dipersyaratkan tepat waktu, tepat mutu dan tepat biaya sehingga sasaran pekerjaan terpenuhinya kriteria serta persyaratan yang ditetapkan dalam dokumen perjanjian jasa kontruksi Pembangunan Embung Kebun Raya Kabupaten Banjar Baru pada APBN Tahun Angaran 2018.

INFORMASI KEGIATAN :

 

Nama Kegiatan ;

“Pembangunan Embung Kebun Raya Kota Banjar Baru”

Lokasi Kegiatan :

Embung Kebun Raya terletak dikota Banjar Baru, yang mana lokasi tepatnya adalah di kota Banjar Baru Provinsi Kalimantan Selatan.

 

 

Waktu Pelaksanaan :

 

Waktu Pelaksanaan :  180 (Seratus delapan puluh hari)

 Mulai 26 Februari 2018 – 24 agustus 2018

Pembiayaan :

 

Sumber Dana   : Dana APBN

Tahun Anggaran 2018

 

Pengguna Jasa :

 

Nama Pengguna Jasa      :     Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksanaan Jaringan Sumber Air WS. Barito Provinsi Kalimantan Selatan

 

Penyedia Jasa :

 

Nama Penyedia Jasa       :  PT. Bukitdalam Barisan

Alamat                            :  Jl. Kebon Asam No.104  Surabaya

 

Kegiatan Lapangan TIM Sistem Managemen Mutu dan Tim Audit Internal Sistem Managemen Mutu Balai Wilayah Sungai Kalimantan II.

AUDIT INTERNAL DI KANTOR LAPANGAN

TINJAUAN LAPANGAN PEKERJAAN

TINJAUAN LAPANGAN PEKERJAAN

TINJAUAN LAPANGAN PEKERJAAN

 

PENGARAHAN K3K SEBELUM MASUK TEMPAT KERJAAN

PENGARAHAN K3K SEBELUM MASUK TEMPAT KERJAAN

Monitoring Pekerjaan Pembuangan Tanah Galian

Monitoring Pekerjaan Pembuangan Tanah Galian

Monitoring Pekerjaan Rencana Bangunan Pembuang.

Monitoring Pekerjaan Rencana Bangunan Pembuang.

 

 

 

 

 

 

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram