SISTEM MANAJEMEN MUTU (SMM) BALAI WILAYAH SUNGAI KALIMANTAN II

Dalam rangka mewujudkan tatakelola pemerintahan yang baik dan memudahkan Unit Kerja/Satuan Kerja/Unit Pelaksanaan kegiatan serta penyedia barang/jasa dalam melaksanakan tugas di bidang Pekerjaan Umum agar terciptanya kinerja yang direncanakan secara akuntabel, efisien dan efektif dilingkungan Balai Wilayah Sungai Kalimantan II diperlukan Sistem Managemen Mutu, sesuai dengan tugas dan fungsinya wajib memahami dan menerapkan Sistim Managemen Mutu.

 

TIM PENGELOLA SISTEM MANAGEMEN MUTU (SMM)

Dengan terbentuk Tim Pengelola Sistem Managemen Mutu (SMM) Balai Wilayah Sungai Kalimantan II Tahun Anggaran 2018 adapun yang telah dilakukan Tim Pengelola Sistem Managemen Mutu, rincian tugas, tanggungjawab, dan wewenang adalah sebagai berikut :

I. PENJAMIN MUTU :

A. Penjamin mutu terdiri dari Wakil Manajemen dan Pengendali Dokumen

B. Tugas, tanggungjawab, dan wewenang Wakil Manajemen ;

  1. Melakukan sosialisasi SMM
  2. Memastikan bahwa proses SMM teah diterapkan, didokumentasikan, diterapkan, dimonitor, dievaluasi dan dikaji ulang sesuai prosedur.
  3. Melaporkan kinerja peningkatan SMM kepada Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II
  4. Memastikan bahwa kesadaran mutu dan penerapan SMM dilingkungan BWS Kalimantan II dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai prosedur.
  5. Bersama Tim Auditor menyusun program audit internal SMM
  6. Menetapkan kebutuhan sumber daya air untuk merencanakan, menerapkan, menjaga dan mengembangkan.

C. Tugas tanggungjawab dan wewenang Pengendalian Dokumen :

  1. Memastikan bahwa sebelum dokumen SMM diterbitkan harus telah disahkan oleh pejabat berwenang.
  2. Memastikan identitas perubahan dan status dokumen SMM
  3. Mengelola penyimpanan dan pemeliharaan dokumen SMM
  4. Mengelola penyimpanan dan pemeliharaan bukti kerja/rekaman yang terkait dengan pengendalian SMM
  5. Menjamin pendistribusian dokumen SMM yang absah kepada puhak terkait atas persetujuan yang berwenang.

II. PENGELOLAAN AUDIT INTERNAL

  1. Pengelola audit internal SMM terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, dan auditor.
  2. Tugas, tanggungjawab, dan wewenang Pengelolaan Audit Internal :
  3. Bersama wakil managemen menyusun program audite internal
  4. Melaksanakan Audit internal SMM.
  5. Melaporkan audit internal SMM kepada Kepala BWS Kalimantan II melalui wakil managemen
  6. Bersama Auditor mengevaluasi efektivitas pelaksanaan audit internal SMM
  7. Mengusulkan kebutuhan peningkatan kompetensi Auditor.
Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram