Bendung Alale overtopping, BWS Sulawesi II tinggikan sayap bendung

38

BWS Sulawesi II Gorontalo – Curah hujan yang mengguyur wilayah Bone Bolango dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir menyebabkan meningkatnya Tinggi Muka Air (TMA) di bendung Alale. Pada hari jum’at (24 Juli 2020) TMA bendung Alale mencapai ketinggian 310 cm dan puncaknya pada hari sabtu (25 Juli 2020) hingga mencapai 325 cm. TMA di bendung Alale telah melewati ambang batas maksimal dan bisa berakibat overtopping serta meluapnya air sungai ke pemukiman warga.

Kondisi Bendung Alale yang mengalami Overtopping pada bagian badan bendung
Kondisi lahan perkebunan masyarakat di sekitar Bendung Alale yang diterjang Banjir Akibat jebolnya Tanggul pasangan batu foto By Dian K

BWS Sulawesi II Gorontalo melalui Satuan Kerja Operasi & Pemeliharaan Sumber Daya Air melakukan penanganan darurat sebagai langkah antisipasi meluapnya air di bendung Alale dengan menambah tinggi sayap kanan bendung menggunakan kantung pasir atau sandbag serta diapit dengan tanggul tanah setinggi satu meter di atas permukaan bendung. Selain itu, BWS Sulawesi II Gorontalo juga menurunkan 1 unit escavator bertipe long arm, 2 unit dumptruck serta menyediakan 1 mobil pompa banjir berkapasitas 4 pompa submersible untuk mengantisipasi jika air dari bendung alale meluap ke pemukiman warga.

Pemasangan sandbag pada bagian bendung Foto by Dian . K

Ir. Naswardi, M.T., selaku kepala BWS Sulawesi II Gorontalo saat dijumpai di lokasi mengatakan bahwa kondisi ini sudah ke-3 kalinya terjadi dalam kurun waktu 2 bulan terakhir. “Sebelumnya kami sudah melakukan penanganan darurat berupa menutup sayap kanan bendung dengan sandbag. Kali ini kita menambah tingginya dan membuat tanggul tanah setinggi 1 meter agar air tidak langsung meluap keluar sisi kanan bendung. Harapannya air tidak meluap lagi ke pemukiman warga seperti kejadian kemarin.”

Pengerahan Excavator untuk melakukan penimbunan sayap Bendung

Kedepannya BWS Sulawesi II Gorontalo akan melakukan review desain terhadap bendung alale. Faisal M