Banjir Bandang di Kab. Bone Bolango dan Kota Gorontalo Mendapat Perhatian BWS Sulawesi II

137
Tim Satgas Bencana menurunkan pompa banjir untuk membantu mengurangi genangan di pemukiman warga Terdampak. Foto: Dok. OPSDA

SISDA BWS SUL II – Gorontalo (16/06). Hujan lebat selama lebih dari 14 jam yang terjadi pada Kamis (11/06) menyebabkan meluapnya sungai Bone di Kabupaten Bone Bolango. Akibatnya sejumlah 27 desa di kabupaten Bone Bolango serta 3 kelurahan di kecamatan Kota timur Kota Gorontalo terendam banjir hingga mencapai 160 cm. Disamping pemukiman, banjir juga turut merendam lahan persawahan warga di kecamatan Bone dan kecamatan Suwawa.

Kondisi Bendung Lomaya pasca banjir bandang. Foto: Kompu (AI)
Kondisi jaringan irigasi Lomaya yang tergerus dan tertutup material banjir. Foto: SISDA (DM)
Infografis data POS Hidrologi saat kejadian. Sumber: Unit Hidrologi

Berdasarkan data hidrologi pada tanggal (10/06) di area Bendung Alale tercatat tinggi muka air pada sungai Bone mencapai 6,5 meter (sumb. data hidrologi Pos AW/R/SG Sungai Bone). Pos hidrologi hidrologi pos ARR/MRG DAS Bone Pinogu mencatat curah hujan pada saat kejadian yaitu 120 mm/hari, dengan klasifikasi sangat lebat. Pada Pos Curah Hujan ARR/MRG DAS Bone Pangi tercatat curah hujan settinggi 61,7 mm durasi 4 jam dengan klasifikasi hujan lebat. Pada Pos CH ARR/MRG Bone Alale tercatat hujan setinggi 22,2 mm durasi 5 jam dengan klasifikasi hujan ringan. Dan pada Pos CH ARR/MRG DAS Sogitia Permata curah hujan tercatat setinggi 57,2 mm durasi 10 jam dengan klasifikasi hujan sedang.

Pos Hidrologi yang diterjang banjir bandang. Foto: Dok. unit Hidrologi
Kondisi Pos Hidrologi yang diterjang Banjir. Foto: Dok. unit Hidrologi

Balai Wilayah Sungai Sulawesi II melalui tim Siaga Bencana BWS melakukan serangkaian kegiatan tanggap darurat yaitu dengan menurunkan alat berat untuk membersihkan jaringan irigasi Lomaya yang tertutup oleh material banjir, serta menurunkan pompa air untuk membantu menguras air yang menggenangi pemukiman warga.

Tim Siaga Bencana BWS menurunkan Alat Pompa. Foto: Dok. OPSDA
Lokasi Banjir Pemukiman Warga Kota Gorontalo Foto : SISDA

BWS Sulawesi II juga telah menurunkan tim gabungan untuk melakukan asessment kerusakan infrastruktur khususnya di bidang Sumber Daya Air untuk dapat dilakukan penanganan sementara sambil diusulkan untuk perencanaan rehabilitasi permanen kedepannya. Direncanakan pula dalam minggu ini sejumlah pejabat BWS Sulawesi II bersama jajaran pemda Bone Bolango akan melakukan ekspos dan konsolidasi penanganan pasca bencana di Kantor Kementerian PUPR (Jakarta).