Ketahanan Air dan Tantangan Perubahan Iklim Sebagai Momentum Hari Air Dunia ke XXVIII

269
Pelepasan Bibit Ikan Di Danau Limboto, Foto : Humas

SISDA BWS SUL II – Air sebagai sumber kehidupan, mempunyai fungsi strategis antara lain untuk rumah tangga, industri, dan pertanian. Hingga saat ini kita menyadari bahwa di beberapa belahan dunia termasuk indonesia, masih banyak, masyarakat yang menjalani hidup dalam kesulitan mengakses air bersih. Kelompok – kelompok yang termarginalkan yaitu wanita, anak – anak, pengungsi, orang cacat dan penduduk asli pedalaman seringkali diabaikan, dan mengalami diskriminasi ketika mencoba mengakses air bersih yang mereka butuhkan. Padahal sumber – sumber air seperti mata air, air tanah bawah permukaan dan atas permukaan ada di sekitar masyarakat tersebut. Namun, dikarenakan penyebarannya sumber air dan kepadatan penduduk yang tidak merata, serta perubahan tata guna lahan perhutanan menjadi lahan pertanian mengakibatkan di beberapa tempat mengalami kesulitan air.

Foto Bersama Tim Panitia Donor Darah, Foto : Humas
Foto Bersama Pemenang Lomba Mewarnai, Foto : Humas
Foto Bersama Pemenang Lomba Gateball, Foto : Humas
Foto Bersama Kegiatan Badminton, Foto : Humas

Hari air sedunia atau World water day yang diperingati setiap tanggal 22 maret adalah perayaan yang ditujukan sebagai usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih. Selain itu, hari air sedunia diperingati sebagai usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

Senam Bersama Di lingkungan Balai Sungai Sulawesi II, Foto : SISDA
Suasana Arahan Pencegahan COVID – 19 dari Kementrian Kesehatan Di lingkunngan BWS sulawesi II, Foto : SISDA
Kabalai melakukan Kegiatan Bersih-Bersih di sekitar Lingkungan BWS Sulawesi II, Foto : Humas

Oleh karena itu dengan tema “Ketahanan Air dan Tantangan Perubahan Iklim” BWS Sulawesi II memperingati momen hari air dunia ke XXVIII Tahun 2020 dengan serangkaian kegiatan dan lomba untuk mencanangkan World water day kepada masyarakat diantaranya : kegiatan Donor darah, lomba Gateball, Lomba mewarnai Tingkat TK dan SD, senam bersama dan gerakan bersih lingkungan, yang dilaksanakan di lingkungan kantor BWS Sulawesi II, penaburan benih ikan yang dilaksanakan di danau Limboto, serta pertandingan Badminton oleh insan PUPR lingkungan Balai Wilayah Sungai Sulawesi II adalah Serangkaian kegiatan yang masuk pada agenda tahunan pencangan World water day yang puncak perayaannya di setiap tanggal 22 maret.

Suasan Pelepasan Bibit Ikan Oleh Anak-Anak SD Di Danau Limboto, Foto : Humas
Suasan Lomba mewarnai Tingkat SD di Lingkungan Bws Sulawesi II, Foto : Humas

Dalam pencanangan World water day ini dihadiri oleh Kepala BWS Sulawesi II Adenan Rasyid, S.T.,M.T kepala Sub bagian Tata Usaha Arsin Mokoagow, S.E dan para pejabat inti Satker serta karyawan dan karyawati di lingkungan BWS Sulawesi II. Dalam sambutannya kepala BWS Sulawesi II menyampaikan “harapan kita adalah, agar masyarakat khususnya Gorontalo dapat sadar bahwa air itu adalah sumber kehidupan, mari kita bersama-sama menjaga baik menjaga sumber airnya, menjaga badan airnya dan menjaga airnya sendiri dari sisi kualitas dan kuantitasnya, ucap kepala BWS Sulawesi II”.