Monitoring dan Evaluasi Program Padat Karya BWS Sulawesi II

52

SISDA BWS SUL II – Rabu 10/06/2020, BWS Sulawesi II melalui Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) melakukan monitoring dan evaluasi program padat karya pada Pekerjaan Pembangunan Bangunan Pengendali Sedimen Das Limboto di 3 lokasi yang berada di Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo yang dipimpin langsung oleh Kepala SNVT PJSA Sulawesi II Tatang Suhartono, S.ST beserta tim turun langsung ke lokasi.

Setelah tiba dilokasi pembangunan terlihat para pekerja sedang beraktifitas dalam mengerjakan pembuatan check dam tipe kedap air. Pembangunan ini bertujuan untuk menahan dan mengendalikan laju sedimentasi yang menuju ke danau limboto. Dari progres yang ada, ketiga pekerjaan tersebut sudah mencapai 28% dari progress rencana 15,12 % dgn deviasi + 12, 88 % ,surplus progress. Hal ini terealisasi dikarenakan dilaksanakan secara berbarengan (prontal). Dilokasi pertama dalam segi pekerja banyak menyerap tenaga kerja karena dipadat karyakan, ini merupakan program Kementrian PUPR agar masyarakat yang terkena dampak Covid 19 bisa ikut terlibat dan ikut membantu perekonomian mereka. Terlihat juga para pekerja mengikuti Protokol Kesehatan Covid 19, pihak penyedia jasa juga sangat memperhatikan kesehatan para pekerja selain memberikan peralatan K3, mereka juga diberikan masker, diharuskan menjaga jarak dan tak lupa memberikan asupan vitamin untuk mempertahankan imun tubuh.

Iskandar Kamaru salah satu pekerja di lokasi ke dua mengatakan “saya adalah pengemudi bentor dan beralih ke pekerja bangunan karena penghasilan yang menurun jauh, dengan adanya program padat karya ini sangat membantu kami yang mana ditengah pandemic covid 19 jadi kami harus memutar otak agar tetap mendapat penghasilan”.

Disela-sela pengontrolan tersebut Tatang Suhartono, S.ST selaku Kepala SNVT PJSA Sulawesi II mengatakan “kami mengharapkan Pembangunan yang berkualitas dikarenakan yang mengerjakannya sebagian besar adalah masyarakat setempat. Mereka akan lebih merasa memiliki, sehingga hasilnyapun diharapkan akan tercapai kuantitas dan kualitasnya dengan spesifikasi sesuai yang terkontrak dan juga tentunya akan dapat menambah penghasilan serta meningkatkan kesejahtraan masyarakat desa itu”, ungkapnya.

sambung Ketua Gugus Tugas pencegahan Covid 19 BWS Sulawesi II Roland Kasim, ST “sesuai instruksi Menteri No 2 Tahun 2020 tentang protokol pencegahan covid 19 dalam pelaksanaan konstruksi, Alhamdulillah di 3 lokasi yang kami kunjungi ini pelaksanaan protokol pencegahan covid itu sudah dilaksanakan ini dimaksudkan agar pekerja terhindar dari Covid 19”.