BWS Sulawesi II Seriusi Pengamanan Pantai Atinggola & Monano

0
85

SISDA BWS SUL II – Selasa, (11/02/2020). BWS Sulawesi II yang dipimpin langsung Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi iI bersama Satuan kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) melakukan Monitoring dan Evaluasi di dua bangunan pengaman pantai di Kabupaten Gorontalo Utara, yaitu Pengaman Pantai Monano dan Pengaman Pantai Gentuma Atinggola.

Untuk Pengaman Pantai Monano Tim BWS Sulawesi II mengecek kondisi tanggul laut existing yang ada akibat hantaman gelombang untuk mendapatkan data pasang surut muka air laut. Disamping melakukan pengukuran long section serta cross section. Sebelumnya, melalui Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (Satker OPSDA) telah melakulan penanganan darurat sementara berupa sandbag. Selanjutnya rehabilitasi permanen direncanakan akan dilakukan pada tahun 2020 ini.

Berpindah lokasi, Tim BWS Sulawesi II meninjau pengaman pantai atinggola yang telah selesai dibangun 2019 kemarin. Saat ini, tanggul laut (seawall) tersebut dalam masa pemeliharaan. Terpantau bahwa bangunan pantai ini masih dalam keadaan sangat baik dan berfungsi 100%. Rencananya bangunan pengaman pantai atinggola akan dikembangkan pada tahun 2020 ini.