BWS Sumatera IV Kembali Kukuhkan Dua KPS Baru

November 30 2019

Terdapat lima pilar dalam pengelolaan SDA, salah satunya adalah peran serta masyarakat, dimana masyarakat harus berperan aktif dalam program-program pemerintah akan pengelolaan SDA dan menjaga kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana SDA. BWS Sumatera IV melakukan kegiatan pembinaan kepada KPS-PT.

Pada tahun 2017, BWS Sumatera IV bersama Pemerintah Kota Batam telah mengukuhkan dua Komunitas Peduli Sungai (KPS) yaitu KPS Tiban Lama di Kelurahan Tiban Kampung Kecamatan Sekupang dan KPS Sungai Langkai di Kelurahan Sungai Langkai Kecamatan Sagulung. Pada tahun 2019 ini, ada dua KPS yang dikukuhkan yaitu KPS Sei Pelunggut dan KPS Patam Lestari.

Kegiatan pengukuhan dilakukan pada 30 November 2019. Rangkaian kegiatan meliputi Penanaman pohon bersama Walikota Batam dilanjutkan dengan Pengukuhan KPS Sei Pelunggut dan KPS Patam Lestari. Untuk membekali KPS yang baru dikukuhkan, BWS Sumatera IV lewat Satker Operasi dan Pemeliharaan SDA Sumatera IV juga mengadakan talkshow dengan mengundang narasumber dari Direktorat Bina OP Kementerian PUPR yaitu Ir. Agus Setiawan, Dipl. HE dan Narasumber dari Institut Pertanian Bogor yaitu Prof. Hadi Susilo Arifin, Ph.D.

KPS Sei Pelunggut turut berpartisipasi menjaga Sungai Sagulung wilayah Kelurahan Sei Pelunggut sepanjang ± 3,5 km dengan visi membangun kesadaran masyarakat secara luas tentang pentingnya Daerah Aliran Sungai (DAS) dan lingkungan bebas sampah, hijau serta bersih dan sehat. Sedangkan KPS Patam Lestari turut juga berpartisipasi dalam menjaga Sungai Patam Lestari sepanjang ± 5,03 km dengan visi menjadikan sungai Patam Lestari bersih, sehat, asri, menarik, dan nyaman bagi masyarakat.

Walikota Batam, M. Rudi dalam sambutannya mengingatkan akan pentingnya kelestarian dan pemanfaatan sungai dalam memajukan Kota Batam, Rudi juga menuturkan bahwa dengan dikukuhkan komunitas-komunitas ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat disekitar akan pentingnya sungai sebagai sumber kehidupan serta dapat memperhatikan dan mendayagunakan bantaran sungai untuk sesuatu yang bermanfaat seperti sebuah taman. Dalam kesempatan ini juga Walikota Batam sekaligus membukan rangkaian kegiatan talkshow dan pengukuhan Komunitas Peduli Sungai oleh Kepala BWS Sumatera IV, Ismail Widadi. (humas)