Manfaatkan hari libur Isra Mi’raj Kabalai BWSS-IV meninjau lokasi Bendungan Sei Gong

April 04 2019

Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Ismail Widadi yang di dampingi oleh PPK Bendungan Ardhananto memanfaatkan hari libur Isra Mi’raj Rabu 3 April 2019, untuk meninjau lokasi Bendungan Sei Gong yang pengerjaannya sudah mencapai 100%. Bendungan Sei Gong berada di Pulau Galang Kelurahan Sijantung, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Bendungan Sei Gong saat ini telah rampung saat ini telah masuk ke tahap persiapan peresmian hasil pembangunan bendungan sei gong TA. 2015-2018. Pembangunan inti dari Bendungan Sei Gong telah dimulai pada akhir tahun 2015 yang menelan dana investasi senilai Rp 235,195 miliar, bendungan yang merupakan salah satu dari proyek strategis nasional ini memiliki luas genangan 356 hektar serta kapasitas tampungan mencapai 11,8 juta meter kubik.

Seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk, di perkirakan  kebutuhan air baku masyarakat di Kota batam pada 2020 mencapai 4.500 liter per detik. Sementara saat ini masih ada kekurangan sekitar 750 liter per detik. Adapun kapasitas air baku yang bisa dialirkan dari bendungan ini mencapai 400 liter per detik. Itu artinya hanya tersisa 350 liter per detik yang harus di penuhi oleh pemerintah. Diharapkan hasil dari pembangunan Bendungan Sei Gong tersebut dapat memenuhi kebutuhan air baku bagi masyarakat Kota Batam dan sekitarnya. (humas)