SDA-net

Pelatihan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) Tahap 1 P3-TGAI Provinsi Sulawesi Tengah

pelatihan-tenaga-pendamping-masyarakat-tpm-tahap-1-p3tgai-provinsi-sulawesi-tengah

Palu - Program Padat Karya Tunai (PKT) melalui Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus bergulir di seluruh Indonesia. Pada tahun 2021, pelaksanaan P3-TGAI menjangkau 12.000 lokasi dengan total anggaran Rp 2,70 triliun atau naik dari TA 2020 sebesar Rp 2,25 triliun.

 

P3TGAI merupakan pekerjaan perbaikan/rehabilitasi/peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif yang melibatkan masyarakat, untuk mendukung kedaulatan pangan. Petani pekerja diberikan upah harian atau mingguan, sehingga menambah penghasilan petani atau penduduk desa terutama di antara musim tanam dan panen.

 

Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah program padat karya tunai dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan dana APBN untuk mendukung salah satu agenda prioritas pembangunan yang tertuang dalam RPJMN 2020-2025, yaitu memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar.

 

Setelah melaksanakan tahap perekrutan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) Kegiatan P3-TGAI Provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat Tahun Anggaran 2021, BWS Sulawesi III Palu melaksanakan Pelatihan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) Tahap 1 Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Provinsi Sulawesi Tengah. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari pada Selasa-Rabu, 30-31 Maret 2021 di Sutan Raja Hotel Palu.

 

Acara diawali dengan sambutan dari PPK O&P SDA I, Hermin Haryady, S.T., M.Si, kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Kepala BWS Sulawesi III Palu, Taufik S.ST., MT., sekaligus membuka kegiatan pelatihan. Turut hadir pada acara pembukaan pelatihan, Kasatker O&P SDA Sulawesi III, Samuelson Hansen Sianipar, S.T., M.Tech., Kasubdit Wilayah III, Moh. Kotra Nizam Lembah, SP.1, yang dalam kesempatan ini memberikan pengarahan terkait Arahan dan Kebijakan Pelaksanaan P3-TGAI.

 

Pada hari pertama, materi pelatihan dibawakan oleh Konsultan Manajemen Pusat yaitu Bapak Ir. Isprasetyo Basuki, tentang petunjuk teknis P3-TGAI TA.2021, tugas TPB/KMB/TPM dan Kelompok P3A selama pelaksanaan pekerjaan, dan tahapan pelaksanaan P3-TGAI di tingkat P3A/GP3A/IP3A. Pada hari kedua, kegiatan ini memuat penyampaian dan arahan dari Konsultan Manajemen Balai (KMB) Program P3-TGAI TA. 2021 pada BWS Sulawesi III Palu terkait penginputan database aplikasi P3-TGAI oleh TPM. Pelaksanaan pelatihan TPM dilaksanakan sebelum memulai kegiatan Sosialisasi, Musdes, SPKS, dan pelaksanaan pekerjaan fisik dengan Lokasi dampingan kegiatan.

 

Peserta pelatihan adalah Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) yang ditugaskan untuk mendampingi Lokasi penerima P3-TGAI mewakili 78 Lokasi yang tersebar di 8 kabupaten, wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. Jumlah TPM yang ditugaskan pada sesi 1 kegiatan ini adalah sebanyak 39 orang. Untuk 1 orang TPM mendapingi 2 (dua) lokasi kegiatan.

 

Tujuan kegiatan Pelatihan Pendamping Masyarakat (TPM) P3-TGAI adalah untuk memberikan informasi kepada pendamping dalam pelaksanaan pekerjaan kegiatan P3-TGAI mulai dari tahap persiapan sampai dengan tahap pelaksanaan pekerjaan yang dilaksanakan selama 3 bulan, agar dapat berjalan sesuai dengan aturan Pedoman P3-TGAI dan Juknis Pelaksanaan P3-TGAI TA. 2021.


Berita Lainnya

Opening Ceremony Harbak PU ke-74 dimeriahkan dengan Jalan Santai, Lomba dan Doorprize

Opening Ceremony Hari Bakti PU ke-74 ditandai dengan pelepasan balon dilaksanakan di kantor Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu pada Sabtu, 30 November 2019. Acara…

Penandatanganan Kontrak Paket Tender/Seleksi Dini PUPR TA. 2021

Palu, 15 Januari 2021 - Kementerian PUPR melaksanakan Tender/Seleksi Dini dalam rangka percepatan realisasi pelaksanaan kegiatan infrastruktur Tahun Anggaran 2021, yang telah…

Upacara HUT RI Ke - 74: SDM Unggul Kunci Masa Depan Indonesia

Palu, 17 Agustus 2019 – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Seluruh pegawai di lingkungan Balai Wilayah Sungai Sulawesi III, bersama BPJN XIV…

Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Sumur Bor untuk Air Baku di Pesantren Wihdatul Ummah, Kab. Poso

Monev BWS Sulawesi III Palu pada wilayah Kab. Poso, Prov. Sulawesi Tengah dilaksanakan di lokasi Pekerjaan Pembangunan Sumur Bor untuk Air Baku di Pesantren Hidayatullah…



BALAI WILAYAH SUNGAI SULAWESI III

http://sda.pu.go.id/bwssulawesi3

Tentang Kami

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan perundang-undangan


Link Terkait

Kemen PUPR     Ditjen SDA

Kontak

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III
Jl. Abdurachman Saleh No. 230 Palu
Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia
Telp. (0451) 482147
Fax. (0451) 482101


Follow Us

       

Lokasi


© Copyright 2018. sda.pu.go.id/bwssulawesi3. All Rights Reserved