Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

© 2024 Balai Besar Wilayah Sungai Pemali - Juana.

Berita Terkini & Pengumuman

Banjir di Jawa Tengah Tutup Akses Jalan Nasional

Banjir di Jawa Tengah Tutup Akses Jalan Nasional


Beranda >> Berita Terkini & Pengumuman

  22 Januari 2014



Banjir di Jawa Tengah Tutup Akses Jalan Nasional

Foto : Banjir di Jawa Tengah Tutup Akses Jalan Nasional


Semarang:Banjir di Jawa Tengah telah menutup akses jalan nasional, tepatnya di jalan pantai utara yang menghubungkan Kabupaten Kudus dan Pati. Akses jalan itu tertutup genangan air di kawasan Jekulo Kabupaten Kudus sehingga menghambat kendaraan yang lewat.

"Selain di situ, akses Jepara ke Demak di Welahan juga macet total," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah, Sarwa Permana, Selasa, 21 Januari 2014.

Banjir yang mengganggu fasilitas publik itu terus meluas hingga membuat ribuan warga di kawasan Jepara, Kudus, dan Pati dievakuasi. Di Kudus, warga yang mengungsi hingga 1.900 jiwa.

Menurut Sarwa, banjir di Jepara akibat tanggul Sungai Wulan yang jebol sepanjang 10 meter. Kodisi itu menyebabkan kawasan Kecamatan Tahunan dan Pecangaan terendam. Selain banjir, luapan air juga memutus akses jalan antara Kabupaten Jepara dan Demak. Sedangkan di Kabupaten Kudus titik banjir di Kecamatan Jekulo memutuskan akses jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Pati.

Ia menduga meluasnya banjir di kawasan pantai utara itu akibat kondisi tanggul sungai yang kritis. Kondisi itu membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah segera berkoordinasi dengan dinas pengelolaan sumber daya air dan mineral. "Harus ada penanganan darurat sebelum terus meluas dan menimpa perkampungan," katanya.

Luasan banjir yang terus melanda di Jawa Tengah itu membuat Badan Search And Rescue Nasional wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta terus memobilitas relawan untuk mengevakuasi korban. Sejumlah relawan yang sebelumnya ditempatkan di Kabupaten Batang dan Pekalongan mulai Senin dan Selasa kemarin dikirim di Jepara, Kudus, dan Pati.


Bagikan :

Cetak