Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

© 2024 Balai Besar Wilayah Sungai Pemali - Juana.

Berita Terkini & Pengumuman

Rapat Pembahasan Tindak Lanjut Penanganan Bencana Wahyu Utomo

Rapat Pembahasan Tindak Lanjut Penanganan Bencana Wahyu Utomo


Beranda >> Berita Terkini & Pengumuman

  23 November 2022



Rapat Pembahasan Tindak Lanjut Penanganan Bencana Wahyu Utomo

Foto : Rapat Pembahasan Tindak Lanjut Penanganan Bencana Wahyu Utomo


BBWS Pemali Juana melaksanakan Rapat Pembahasan Tindak Lanjut Penanganan Bencana banjir Kali Bringin di area perumahan Wahyu Utomo pada Senin 21 November 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pusdataru Prov. Jateng Dinas PU Kota Semarang, Camat Tugu, Camat Ngaliyan, dan perwakilan PT. Indo Permata Usahatama. Dari BBWS Pemali Juana dihadiri oleh Kepala BBWS Pemali Juana Muhammad Adek Rizaldi, Kepala Bagian Umum dan Tata Usaha Ardhyta Agus Setiawan, Kepala Bidang KPI SDA Anggraeni Achmad, Kepala Bidang PJSA Mustafa, Kepala Bidang OP SDA Andri Rachmanto Wibowo, Kepala Satker OP Andi Sofyan, PPK, Subkoor, dan PPNS.

"Saat ini kami sedang melaksanakan pekerjaan Pengendalian Banjir Sungai Bringin sejak November 2020 sampai Desember 2022 dengan panjang 4.25 kilometer. Setelah dilakukan evaluasi, terdapat titik-titik yang menyebabkan masuknya air, yaitu di jembatan jalan pantura, dan jembatan kereta api yang harus dinaikkan elevasinya agar air tidak menggenang. Intensitas hujan pada 6 November lalu mencapai 99 mm dan memiliki dampak yang besar, sehingga kami coba evaluasi dan mengkaji penyebabnya," ucap Kepala BBWS Pemali Juana Muhammad Adek Rizaldi.

Beliau menyampaikan bahwa terjadi curah hujan ekstrem, ditemukannya aktivitas pembendungan di daerah atas yang tidak berizin sehingga meluap ke pemukiman warga, serta kurangnya daerah tutupan lahan menyebabkan debit banjir lebih tinggi karena air tidak mampu untuk tertahan dan masuk ke tanah.

Penanganan banjir Sungai Bringin Kota Semarang harus dilakukan dengan komitmen bersama dan koordinasi dalam penanggulangan bencana, sehingga penanganan yang dilakukan bisa berjalan efektif, dan kegiatan yang dilakukan dengan membangun bangunan gorong gorong box dan jembatan harus ada rekomtek dari BBWS Pemali Juana untuk mendapatkan izin membangun.


Bagikan :

Cetak