22 Desember 2024 | 15:12:53 WIB

Masyarakat Berikan Apresiasi Terhadap Pelayanan Informasi Publik BBWS Serayu Opak

Masyarakat khususnya pengguna layanan publik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak memberikan apresiasi dan testimoni positif atas kegiatan Pelayanan Informasi Publik yang dilaksanakan Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Demikian salah satu poin penting dalam acara Rapat Koordinasi dan Forum Group Discussion (FGD) Pelayanan Informasi Publik BBWS Serayu Opak yang digelar Senin (14/10/2024) di Yogyakarta secara daring dan luring.

Dalam arahannya, Kepala Bagian Umum dan Tata Usaha (TU) Ade Satyadharma menjelaskan, pada tahun 2023, BBWS Serayu Opak menerima permohonan informasi publik sebanyak 320 permohonan. “Alhamdulillah semuanya telah terlayani dengan baik dan tidak ada yang mengajukan keberatan,” ujarnya.

Sementara itu, di tahun 2024, sampai dengan tanggal 10 Oktober 2024, jumlah permintaan data yang masuk mencapai 226 permohonan. “Mengingat tingginya jumlah permohonan yang masuk, maka BBWS Serayu Opak berkomitmen untuk menjalin koordinasi dan kolaborasi, baik dengan unit internal maupun eksternal dalam pelayanan informasi publik,” katanya.

Ade juga mengingatkan bahwa tantangan pelayanan informasi publik ke depan semakin meningkat. Di antaranya adalah jumlah pemohon yang tinggi dan informasi yang diminta cukup bervariasi. Di samping itu, ketersediaan sarana dan prasarana tetap perlu ditingkatkan meskipun yang tersedia saat ini sudah cukup baik.

“Oleh karena itu, pelayanan informasi publik harus dilaksanakan secara cermat, rapi, dan sesuai prosedur. Komunikasi dan koordinasi dengan internal dan eksternal BBWS Serayu Opak juga perlu dilakukan secara kontinyu,” paparnya.

Sementara itu, para pengguna yang mengakses layanan informasi publik juga membagikan pengalamannya dan memberikan sejumlah testimoni positif. Salah satunya adalah Muhammad Firas Zahid Suryaatmaja dari Universitas Gadjah Mada. Dirinya mengatakan pelayanan informasi publik di BBWS Serayu Opak sudah cukup bagus, informatif, dan cepat. Ke depan, Firas memberikan masukan agar dapat dilakukan pengembangan untuk data-data yang sifatnya realtime. (za/ifn)

Terima kasih sudah mengunjungi Website BBWS Serayu Opak, kami terbuka apabila ada kritik, saran, masukan, atau laporan. BBWS Serayu Opak senantiasa melaksanakan pembangunan Zona Integritas menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi/WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani).